Kalau Begini, Bisa Jadi Desa-desa di Indonesia Serupa Desa di AS dan Perancis

Kamis, 17 September 2015 – 22:35 WIB
Jimly Asshiddiqie. Foto: Dok.JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie menilai pembangunan desa di Indonesia bisa seperti di Amerika atau Perancis. 

Desa-desa terstruktur dengan baik, sehingga orang-orang desa tidak lagi ke kota. Melainkan tumbuh menjadi kota. Caranya, desa harus diorganisir dan dikelola secara tetap.

BACA JUGA: Ada Teror Jelang Sail Tomini, Jokowi Bimbang?

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mencontohkan Perancis. Desa-desanya dapat berkembang maju sehingga tidak ada lagi desa. Semuanya sudah menjadi kota. Antara satu kota dengan kota yang lain dihubungkan dengan hutan, kebun-kebun.

"Hutan-hutan itu tidak boleh diganggu, hewan-hewan juga tidak boleh diburu, sehingga lingkungan hidup tetap terjaga,” ujarnya, Kamis (17/9). 

BACA JUGA: Kakak Wafat, SDA Minta Izin Keluar Tahanan

Selain Perancis, Jimly mengambil contoh 560 desa adat di Amerika Serikat. Dari jumlah tersebut, sebanyak 230 desa adat memiliki konstitusi dan berbadan hukum. 

Desa pertama yang membuat konstitusi adalah Desa Cherokee kemudian dikenal dengan istilah Cherokee Nation pada tahun 1827. Isi konstitusinya mirip seperti konstitusi Amerika Serikat. 

BACA JUGA: Dana Desa Sudah Dikucurkan Rp 16,5 Triliun, Baru Terserap 15 Persen

“Awalnya, Amerika Serikat tidak mengakui. Namun setelah satu abad kemudian, pada 1939 desa-desa tersebut baru diakui oleh negara melalui The Reorganization Act,” paparnya.

Diterangkan Jimly, dalam satu abad, 230 desa tersebut mengalami kemajuan. Bisnis masyarakat desa diakui seperti korporasi berbadan hukum, tapi bukan sebagai perusahaan. 

“Jadi bila ada investor mau menanam saham di desa A atau B, maka investor itu negosiasinya bukan dengan kepala desa, akan tetapi dengan pimpinan desa atas nama seluruh warga desa. Hasilnya, seluruh warganya bisa menikmati hasil pemanfaatan sumber daya alamnya. Maka, di 230 desa itu tidak ada yang miskin. Semuanya maju.” (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Rekaman Percakapan OC Kaligis dengan Evy sebelum Suap Hakim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler