Kalau Jumlah Sianida Banyak, Orang Sekitar Berpotensi Tewas

Rabu, 14 September 2016 – 15:30 WIB
Jessica Kumala Wongso. Foto: dok.JPNN

JAKARTA - Ahli Toksikologi dari Universitas Indonesia Dr Budiawan mengatakan, jumlah 7900 mg/liter sianida dalam barang bukti gelas kopi almarhum Mirna Salihin, sangat banyak. Sehingga semua orang yang berada dalam sebuah ruangan harus dievakuasi.

"Kalau jumlah segitu banyak, bau gasnya kemana-mana. Orang-orang terdekat pasti potensi kematian bisa terjadi. Itu gas sianida," ujar Budiwan pada sidang lanjutan kasus kematian Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di Pengadilan negeri Jakarta Pusat, Rabu (14/9).

Karena itu melihat barang bukti begitu banyak, tapi tidak ada kejadian apapun di sekeliling Mirna, Budiawan menyimpulkan bahwa tidak ada sianida dalam peristiwa kematian Mirna.

Kesimpulan juga dikemukakan, karena dari hasil autopsi pertama Mirna, tidak ditemukan sianida dalam lambung. Kalau pun kemudian pada autopsi kedua disebut terdapat 0,2 mg sianida, menurut Budiawan kemungkinan disebabkan ada intervensi dan kejadian pascakematian.

"Jadi atas bukti-bukti yang ada, jelas tidak ada sianida. Tidak cukup membuktikan ada sianida," ujar Budiawan.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Ssttt..JPU Minta Bantuan Ahli Ini buat Konter Ahli Pihak Jessica

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ahli: Jika Sianida Ada di Kopi Mirna, Orang Sekitarnya Bisa Teler


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler