Kamrussamad Kritik Pilihan Skenario Pemulihan Ekonomi Oleh Pemerintah

Senin, 22 Juni 2020 – 23:19 WIB
Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad. Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi XI DPR, Kamrussamad menilai pemerintah terlalu percaya diri dengan hanya membuat satu skenario pemulihan ekonomi, di tengah pandemi saat ini.

Sekaligus menyoroti Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2021, yang dinilai melupakan daya saing produk dalam negeri.

BACA JUGA: Kamrussamad Kecam OJK Loloskan Kookmin Bank Jadi Pengendali Bukopin

“Secara keseluruhan asumsi dasar ekonomi makro KEM-PPKF tahun 2021 menggambarkan skenario pemulihan ekonomi model ‘V’," kata Kamrussamad melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (22/6).

"Artinya, itu pemerintah menganggap Pandemi Covid-19 ini hanya akan jangka pendek (setahun) dan pemulihan cepat, sehingga tahun depan 2021 sudah mulai pulih. Faktanya justru semakin meningkat kasus positif."

BACA JUGA: John Kei Ditangkap, Kapolri Idham Azis Keluarkan Pernyataan Keras

Ia menambahkan, seharusnya pemerintah tetap memikirkan dan mempertimbangkan pemulihan ekonomi dengan model lain.

Mengingat, kata Kamrussamad, Indonesia memulai kondisi New Normal pada saat kasus positif Covid-19 belum mengalami tren penurunan. Sehingga, pemulihan ekonomi tidak akan cepat seperti yang telah diprediksikan.

BACA JUGA: Rencana Normal Baru, Kamrussamad Ingatkan Beberapa Poin Penting

Menurut Kamrussamad, sebaiknya pemerintah juga mempertimbangkan skenario model W untuk kemungkinan terjadinya gelombang kedua pandemi, serta skenario model L untuk pemulihan ekonomi yang tidak bisa cepat.

Pertimbangan semacam itu, tambahnya, bermanfaat untuk langkah antisipasi jangka menengah, lantaran skenario jaring pengaman sosial Indonesia hanya memiliki jangka waktu tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun.

“Ketidakpastian ekonomi yang tinggi di sisa tahun 2020 dan tahun 2021 mendatang. Oleh karenanya, pemerintah juga perlu mengantisipasi jika situasi gejolak ekonomi global kembali terjadi, terutama jelang akhir tahun, akan ada dinamika politik AS dan risiko gelombang kedua pandemi,” tambah Kamrussamad.

Selain itu, pertimbangan terkait pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang diperkirakan positif di triwulan II 2020 juga harus dilakukan.

Sejak saat ini, pemerintah harus berupaya mendorong ekspor ke Cina. Sehingga, ketika ekonomi Tiongkok bangkit, permintaan ekspor ke Indonesia juga akan ikut naik.

“Hingga saat ini belum terlihat dari skenario pemerintah jika gelombang kedua datang. Hal ini yang mengherankan dari tim ekonomi pemerintah. Terkesan percaya diri dengan satu skenario saja,” kata politisi Parta Gerindra itu.

Terkait stimulus fiskal, lanjutnya, pemerintah harus memperhatikan dengan baik kecepatan implementasinya lantaran hal ini dianggap penting dan menentukan tingkat efektifitas stimulus itu sendiri.

Rendahnya penyerapan anggaran, berpengaruh pada daya beli serta berdampak pada sektor riil.

“Sudah berapa persen penyerapan stimulus sampai saat ini? Apa upaya yang sudah dilakukan untuk mempercepat stimulus agar sampai ke masyarakat dan dunia usaha, kami nilai hasilnya belum tampak,” ungkapnya.

Kamrussamad juga mempertanyakan proyeksi terburuk pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi yang masih positif di angka 1 persen pada tahun 2020 ini. Pasalnya, lima lembaga internasional memprediksikan ekonomi Indonesia paling tinggi hanya 0,5 persen.

“Kami mendesak tim ekonomi pemerintah untuk jujur agar publik bisa percaya terhadap arah kebijakan sudah tepat. Semestinya Pemerintah menyiapkan skenario jika pertumbuhan ekonomi tahun ini sampai minus -3,9 persen. Sehingga target pertumbuhan ekonomi 2021 lebih realistis,” pungkasnya. (mg8/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler