Kang Emil Singgung Soal Palestina Pada Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Selasa, 17 Agustus 2021 – 19:51 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (17/8/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil menyinggung soal Palestina pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (17/8).

Dalam sambutannya Kang Emil terlebih dahulu menyebut bahwa 17 Agustus merupakan momentum penting bagi seluruh rakyat Indonesia.

BACA JUGA: Jadi ini Penyebab Jalan di Purwakarta Rusak

Baik itu untuk menguatkan kembali identitas kebangsaan, menguatkan kembali persatuan dan persaudaraan, dan menguatkan kembali kesetiakawanan dan gotong royong yang menyatu dalam nilai-nilai Pancasila.

Dia juga menyebut peringatan kemerdekaan bisa menjadi momentum untuk mengingat lagi jasa para pahlawan.

BACA JUGA: NKRI Sedang Diuji, Banyak Korban Jiwa!

Para pahlawan telah melakukan berbagai upaya agar Indonesia merdeka.

Mulai dari perang gerilya melawan para penjajah, hingga upaya diplomasi ditempuh demi kemerdekaan.

BACA JUGA: Disapa Presiden Langsung, Warga Poso dan Merauke Merasa Terharu

"Bangsa kita adalah bangsa yang kuat, pantang menyerah. Berbagai upaya telah dilakukan dari perang gerilya, mobilisasi terbuka, rapat-rapat hingga diplomasi di semua lini dikerahkan untuk mencapai kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Kang Emil.

Dia kemudian menyebut kemerdekaan merupakan sesuatu yang mahal.

Apalagi ada beberapa negara seperti Palestina yang saat ini masih terus berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan.

"Kita adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan dan para pendahulu kita. Jangan pernah kita menganggap kecil capaian-capaian bangsa ini dalam perjuangannya. Kita juga bisa melihat sendiri penderitaan luar biasa yang dialami saudara-suadara kita di Palestina hingga detik ini," ucapnya.

"Perjuangannya juga mengingatkan kita betapa mahalnya arti kemerdekaan, mahalnya semangat persatuan dan mahalnya semangat perdamaian. Jangan sia-siakan pengorbanan para pahlawan kemerdekaan," kata Kang Emil.

Lebih lanjut Kang Emil menyatakan Indonesia saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan.

"76 tahun silam para founding fathers kita mendeklarasikan kemerdekaan kepada para penjajah. Hari ini kita juga makin dekat untuk mendeklarasikan kemerdekaan kita dari virus yang mematikan ini," kata Kang Emil.(Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pidato Presiden tak Singgung HAM dan Korupsi, KSP Beri Alasan Begini


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler