Kanker Tumbuh Lebih Cepat di Suhu Dingin

Rabu, 08 Januari 2014 – 16:06 WIB

jpnn.com - SELAIN makanan dan rokok, ada satu lagi hal baru yang dapat meningkatkan perkembangan kanker. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa suhu dingin juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Penelitian yang telah diterbitkan dalam The Proceedings of the National Academy of Science ini menemukan bahwa tikus yang hidup dalam lingkungan relatif dingin memiliki kanker yang tumbuh lebih cepat dan agresif jika dibandingkan dengan tikus lain yang hidup suhu hangat dan nyaman. Lingkungan yang dingin diyakini dapat mendorong pertumbuhan beberapa jenis kanker, termasuk di antaranya kanker payudara, kanker kulit, kanker usus, dan kanker pankreas.

BACA JUGA: Ada Susu Bayi Dengan Kadar Aluminium Tinggi

"Tidak peduli apakah tikus-tikus tersebut telah menghabiskan seluruh hidup mereka di lingkungan dingin sebelum atau setelah mendapat kanker, tumor mereka tetap tumbuh lebih cepat pada lingkungan yang lebih dingin," kata para peneliti dari Roswell Park Cancer Institute, seperti dilansir laman News Max Health, Selasa (7/1).

Peneliti menduga hal ini muncul karena cuaca dingin dapat mempengaruhi sel kanker yang disebut sebagai sel T. Dalam studi ini ditemukan bahwa sel T pada tikus yang tinggal di dalam lingkungan hangat lebih cepat bergerak dan lebih mampu melawan tumor, dibandingkan dengan sel T pada tikus di lingkungan dingin.

BACA JUGA: Setahun, 6 Triliun Lebih Rokok Dikonsumsi

Pada tumor yang dimiliki oleh tikus dalam lingkungan dingin, terdapat sel-sel yang bisa mematikan respon imun normal dalam jumlah yang lebih banyak. Akibatnya, suhu dingin cenderung menggeser respon tubuh yang seharusnya 'melawan' tumor menjadi menerima tumor.(fny/jpnn)

BACA JUGA: Bakteri Berbahaya Mengintai Hidung Anda

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pria Bisa Tahu Kesuburan Wanita dari Goyangan Pinggul


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler