Kantongi Info soal Dugaan dr. Aulia Risma Dipalak, Polda Jateng Langsung Bergerak

Kamis, 05 September 2024 – 06:56 WIB
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Artanto. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com, SEMARANG - Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) sedang menyelidiki dugaan pemalakan yang dialami dr. Aulia Risma Lestari, mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anestesia Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Artanto mengatakan informasi dugaan pemerasan uang yang besarnya hingga Rp 40 juta itu merupakan hasil investigasi yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

BACA JUGA: Datangi Polda Jateng, Ibunda Dokter Aulia Risma Lapor Kasus Kematian Putrinya

"Itu (pemerasan uang, red) informasi, ya. Informasi yang diberikan semua akan kami dalami step by step, one by one, kami analisis," katanya di Mapolda Jateng, Rabu (4/9/2024).

Selain itu, Polda Jateng juga mendalami dugaan perundungan (bullying) yang dialami Dokter Aulia selama menempuh PPDS Anestesia Undip di RSUP Dr Kariadi.

BACA JUGA: Rektor Undip soal Kematian Dokter Aulia Risma Lestari: Untuk Apa Kami Menutupi?

"Semua informasi yang diberikan kepada kepolisian harus kami analisis mendalam dan kami lakukan penyelidikan," ujar Artanto.

Perwira menengah kepolisian itu menambahkan Polda Jateng juga sedang mempertimbangkan pembongkaran makam (ekshumasi) kuburan dr. Aulia Risma. Menurut Artanto, perlu atau tidaknya ekshumasi ditentukan oleh perkembangan penyelidikan.

BACA JUGA: Teman Satu Angkatan Aulia Risma Bantah Ada Pungutan Sebesar Rp 40 Juta

"Ini dinamika, nanti kami lihat perkembangan lebih lanjut," kata Artanto.

Abiturien Akpol 1994 itu menambahkan proses autopsi psikologis masih berlangsung. Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk mengungkap penyebab kematian dr. Aulia Risma.

Pada Rabu (4/9/2024), ibunda mendiang Aulia Risma, Nuzmatun Malinah, melaporkan kasus kematian putrinya ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jateng.

Nuzmatun mendatangi Markas Polda Jateng dengan didampingi kuasa hukumnya dan Tim Investigasi Kemenkes.

Dokter Aulia Risma Lestari ditemukan meninggal dunia di kamar indekosnya di daerah Kelurahan Lempongsari, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, pada 12 Agustus 2024.

Dia diduga bunuh diri akibat mendapat perundungan dan pemerasan uang puluhan juta selama menempuh PPDS Anestesia Undip di RSUP Dr Kariadi.(mcr5/jpnn.com)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Senior dr. Aulia Risma di Undip Dipolisikan, Semoga Korban Lain Bicara Blak-Blakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler