Kantongi Sertifikasi Lokal hingga Global, MIND ID Jamin Mutu Produk

Senin, 31 Juli 2023 – 16:46 WIB
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID menerapkan standar lokal hingga global pada setiap anggota agar memiliki program pengendalian mutu yang ketat. Foto: dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - MIND ID selalu memastikan mutu produk dan layanannya sesuai dengan standar lokal hingga global.

BUMN Holding Industri Pertambangan itu menerapkan standar global pada setiap anggota agar memiliki program pengendalian mutu yang ketat.

BACA JUGA: Strategi MIND ID Mencapai Laba Bersih Rp 22,5 Triliun pada 2022

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf menyatakan standar mutu diberlakukan untuk memastikan produk-produk yang dihasilkan memenuhi aturan dan persyaratan pelanggan.

Heri menyebut salah satu strategi yang dilakukan MIND ID adalah dengan melakukan sampling pengujian dan quality testing.

BACA JUGA: Grup MIND ID PTBA Reklamasi 203,6 Hertare Lahan Bekas Tambang dalam 6 Bulan

Sampling pengujian dan quality testing diperlukan untuk memastikan komoditas dan produk sesuai dengan standar internasional, sebelum nantinya didistribusikan kepada pembeli.

"Ini jadi bentuk komitmen kami, MIND ID sebagai holding menjaga mutu dan kualitas produk yang dihasilkan dari seluruh anggota mulai dari tahap eksplorasi, penambangan, sampai pengolahan, dan memastikan semua proses sesuai dengan standar,” kata Heri dalam keteranganya di Jakarta, Senin (31/7).

Menurutnya, semua anggota MIND ID juga menerapkan strategi lainnya, seperti integrated quality management system yang mencakup seluruh aspek operasi, mulai dari eksplorasi, pengolahan, hingga pengiriman produk ke pelanggan.

Heri menyebutkan bahwa berbagai sistem dalam proses pengolahan produk pun harus melalui integrated quality management system, baik pemantauan kinerja, identifikasi risiko, dan kesempatan untuk perbaikan, maupun pengembangan strategi dan program.

"Bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan," kata Heri.

Sebagai salah satu Anggota MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (Antam) juga menerapkan strategi ini. Perusahaan penjual komoditas nikel dan bauksit ini memberikan kemudahan kepada pembeli dalam memantau mutu produk dan layanan.

Pembeli berhak hadir atau menunjuk surveyor independen untuk melakukan pengawasan saat Antam melakukan proses sampling dan pengujian spesifikasi.

"Sehingga, bisa memastikan bahwa proses tersebut dilakukan sesuai dengan metodologi yang diakui secara internasional. Hasil analisis ini bersifat final dan digunakan sebagai dasar transaksi pembayaran," ujar Heri.

Komitmen MIND ID dalam memenuhi mutu produk dan layanan agar sesuai dengan standar internasional juga dibuktikan dengan kepemilikan sertifikasi. MIND ID telah memiliki sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001 dan sertifikasi ISO 17025:2017 untuk laboratorium yang digunakan sebagai tempat pengujian sampling produk.

Bahkan sejak 1999, Antam telah terakraditasi London Bullion Market Association (LBMA). Melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia, Antam menjadi satu-satunya pabrik pemurnian emas di Indonesia yang terdaftar dalam “Good Delivery List Refiner” LBMA. Hal itu juga tercantum dalam website resmi www.lbma.org.uk.

Selain itu, Anggota MIND ID lainnya, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), juga memiliki sertifikasi produk dari Aluminium Stewardship Initiative (ASI) yang menyatakan kualitas produk. Inalum berhasil meraih Sertifikat Standar Kinerja ASI V3 (2022) dengan ruang lingkup Pabrik Peleburan Aluminium di Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler