Kao Indonesia Komitmen Mengutamakan Keselamatan & Keamanan Karyawan 

Jumat, 12 Mei 2023 – 21:07 WIB
Kao Indonesia berkomitmen mengutamakan keselamatan & keamanan karyawan dalam menjalankan aktivitas bisnis. ilustrasi. Foto dok. Kao Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT. Kao Indonesia mendukung lingkungan kerja positif yang mengutamakan etika, keselamatan, dan keamanan karyawan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

Hal itu diungkapkan oleh Wisik Restu selaku AVP Legal, Compliance dan Corporate Communications PT Kao Indonesia menanggapi informasi yang beredar terkait adanya dugaan tindak pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kerja.

BACA JUGA: Kao Indonesia - BAZNAS Salurkan Donasi Ramadan untuk Masjid & Panti Asuhan

"PT Kao Indonesia sangat berempati terhadap pelapor sebagai korban dan sangat menyayangkan kejadian tersebut. Kami pastikan baik pelaku dan korban bukan karyawan PT Kao Indonesia," kata Wisik dalam siaran pers resmi Kao Indonesia tertanggal 12 Mei.

Terkait kejadian ini, jelasnya, PT Kao Indonesia segera memberikan instruksi kepada PT Ikeda selaku Perusahaan Alih Daya (Outsourcing) untuk memberhentikan terlapor dugaan kasus pelecehan seksual selama proses hukum yang berjalan.

BACA JUGA: Kao Indonesia Donasikan Ribuan Alat Kebersihan ke RS Darurat Wisma Atlet  

Kao Indonesia juga menjelaskan bahwa Wakil Menteri Tenaga Kerja Afriansyah Noor telah melakukan inspeksi pada Kamis (11/5).

Afriansyah berdiskusi secara langsung dengan perwakilan PT Kao Indonesia serta mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan perusahaan.

BACA JUGA: Kao Indonesia Donasi Produk senilai Rp 292 Juta ke BAZNAS

"PT Kao telah memberikan penjelasan dan sudah meminta PT Ikeda memberhentikan sementara manajer yang bermasalah sembari proses hukum berjalan," tutur Afriansyah.

Saat berdiskusi dengan wamenaker, Wisik mengatakan Kao Indonesia sangat berempati dan menyayangkan kejadian dugaan kekerasan seksual di lingkungan kerja dan memberi dukungan penuh yang diperlukan khususnya kepada pelapor selama proses hukum berjalan.

Dia menegaskan baik pelapor dan terlapor merupakan karyawan PT. Ikeda yang ditempatkan di PT. Kao Indonesia. 

"Bentuk dukungan yang kami berikan berupa komitmen dengan langsung meminta PT. Ikeda untuk menonfaktifkan terlapor," ujar Wisik.  

Lebih lanjut, dia mengatakan PT. Kao Indonesia berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan etika, keselamatan, dan keamanan karyawan sebagai hal yang paling utama dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis, sesuai dengan Business Conduct Guideline (BCG) perusahaan. 

Beberapa upaya kontrol telah dilakukan oleh Kao Indonesia antara lain menyosialisasikan nilai BCG kepada seluruh mitra kerja dan menyediakan saluran komunikasi khusus sebagai saluran resmi untuk seluruh karyawan ataupun outsource perusahaan untuk melaporkan dugaan tindak kejadian apa pun di lingkungan kerja.

 Perusahaan ujarnya, menjamin kerahasiaan identitas pelapor untuk dapat ditindaklanjuti.

“Kami sudah meminta dengan tegas dan segera kepada PT Ikeda, untuk mengawal proses hukum yang terjadi sampai tuntas," kata Wisik.

Selain itu, Kao Indonesia meminta PT Ikeda untuk memberikan pernyataan resmi sebagai bentuk komitmen dukungan langsung terhadap korban dan proses hukum yang berjalan terhadap terlapor di mana keduanya merupakan karyawan resmi PT. Ikeda. 

"Kami berkomitmen untuk secara berkelanjutan melaksanakan nilai-nilai BCG perusahaan kepada karyawan dan mitra bisnis, supaya tidak ada lagi oknum-oknum yang melakukan tindakan  tidak terpuji," pungkas Wisik. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kasus Pelecehan Saat Rapid Test di Bandara Soetta: Polisi Akan Periksa IDI untuk Memastikan Status EFY


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler