Kapolda: Butur dan Muna Sudah Kondusif

Jumat, 07 Oktober 2011 – 06:37 WIB

KENDARI - Kisruh yang terjadi di Buton Utara (Butur) terkait penempatan ibukota kabupaten dinilai sudah kondusifBegitu pula konflik antar gang di Kabupaten Muna sudah mulai stabil keamanannya

BACA JUGA: Kapolda: Butur dan Muna Sudah Kondusif

Namun, kedua daerah tersebut masih menjadi perhatian dari kepolisian.

"Buton Utara tetap menjadi atensi jajaran kepolisian
Disana masih ada pasukan Brimob dan Dalmas Muna

BACA JUGA: Jusuf Kalla Pantau Donor Darah di Unifa

Situasi sudah stabil disana, kantibmas berjalan dengan baik
Tentunya itu karena kesadaran masyarakat yang ingin menunjukan Butur adalah daerah aman," ungkap Brigjen Pol Sigit Sudarmanto, Kapolda Sultra saat ditemui, Kamis (6/10).

Begitu pula kisruh di Raha, Kabupaten Muna

BACA JUGA: Jusuf Kalla Pantau Donor Darah di Unifa

Ia menilai, persoalan di Raha adalah konflik kecil antar gangPersonil Polda Sultra telah berada di Raha untuk memback-up Polres Muna"Hari ini (kemarin, red), kami dirikan pos pengamananKemudian mendorong unsur muspida dan tokoh masyarakat di Raha untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan," jelasnya.

Persoalan di Raha dinilai sebagai konflik antar tetanggaKata dia, jangan sampai memengaruhi situasi yang tidak menguntungkan Kabupaten Muna secara keseluruhan"Disana banyak pasukan kitaBeberapa pejabat juga sedang melakukan asistensi, upaya-upaya penyelesaian konflik secara damai," terangnya.

Tapi sekali lagi, lanjutnya, jika bicara tindak kriminal, tidak ada pilihan lainSemua akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlakuItu dilakukan demi penegakan hukum, menjaga keselamatan masyarakat yang banyaksehingga diharapkan dari hari kehari, kantibmas berjalan dengan baik"Percayakan seluruh pelaku kriminal yang ditangani kepolisian pada proses hukum yang berjalan," jelasnya.

Apakah kepolisian sudah mengidentifikasi persoalan konflik yang terjadi belakangan di Sultra? Kata dia, penyelesaian konflik yang terjadi di beberapa daerah di Sultra tentunya dilakukan melalui kerjasama dengan instansi terkait"Inikan masalah-masalah kepemerintahan, masalah-masalah sosial, yang bukan saja tugas polisiTapi juga membutuhkan kerjasama instansi terkait dan Pemda, bersama-sama mengurai embrio-embrio permasalahan yang ada di tengah masyarakat," pungkasnya.(aka/awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Izin Usaha THM akan Diperketat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler