Kapolda Minta Warga Bolmong Selatan Ikut Jaga Keamanan Gegara Jumlah Polisi Kurang

Jumat, 17 Maret 2023 – 14:12 WIB
Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Henny Setyobudi dalam kunjungan di Polres Bolmong Selatan. ANTARA/HO-Humas Polda Sulut .

jpnn.com, BOLAANG MONGONDOW SELATAN - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Setyo Budiyanto meminta seluruh masyarakat Bolaang Mongondow (Bolmong) Selatan ikut dan berpartisipasi menjaga keamanan.

“Keamanan memang menjadi tanggung jawabnya polres, tetapi tidak serta merta kemudian masyarakat tidak memberikan partisipasi, tidak ikut serta menjaga keamanan," ujar dia dikutip dari Antara, Jumat (17/3).

BACA JUGA: Senator Sulut Stefanus Liow Fasilitasi Penanaman Ribuan Bibit Pohon di Tomohon

Menurut dia, keamanan bisa terwujud dengan baik tatkala pihak keamanan dan masyarakat bisa melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik pula.

Dalam kunjungannya di Polres Bolmong Selatan, Kapolda mengakui masih ada beberapa kekurangan, di antaranya jumlah personel dan polsek.

BACA JUGA: Kapolda Irjen Rusdi Hartono Tiba di Jambi, Begitu Kondisinya

“Secara kuantitas, anggotanya tidak banyak. Tetapi saya berharap dengan segala keterbatasan dan kondisi yang ada, Kapolres tetap bisa memaksimalkan dengan mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah, TNI, dan masyarakat," kata dia.

Sedangkan mengenai masih belum imbangnya antara jumlah polsek dengan kecamatan yang ada, Kapolda berharap kepada pemerintah daerah bisa mendukung untuk pembentukan pospol.

BACA JUGA: Kabar Terbaru dari Kapolda Soal Pembebasan Sandera dari Tangan KKB

“Polseknya hanya tiga, kecamatannya enam, itu juga menjadi kendala. Saya berharap, pemerintah daerah bisa mendukung untuk pembentukan pospol-pospol yang nanti ditingkatkan menjadi polsubsektor di beberapa lokasi,” katanya.

Terkait dengan maksud dan tujuannya ke Polres Bolmong Selatan, Kapolda mengatakan, melihat secara langsung bagaimana situasi dan kondisi di wilayah itu.

"Kemudian tentu saya ingin berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota,” kata perwira tinggi Polri itu.

Dalam kunjungan ini, Kapolda turut didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Henny Setyobudi bersama beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Pengurus Bhayangkari.

Kedatangan Kapolda bersama rombongan disambut langsung oleh Kapolres Bolmong Selatan AKBP Ketut Suryana didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Nyoman Ketut Suryana beserta forkopimda, para pejabat polres, dan Bhayangkari, serta dilakukan penyambutan secara adat setempat. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolda Papua Minta Mabes Polri Tambah Brimob ke Dekai dan Dogiyai


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler