Kapoldasu Baru Modal Pengalaman sebagai Kapoltabes

Sabtu, 14 Februari 2009 – 19:06 WIB

JAKARTA - Brigjen Pol Badrodin Haiti menyatakan, penunjukan dirinya Kapolda Sumut yang baru merupakan sebuah kepercayaan sekaligus tantanganMantan Kapolda Sulawesi Tenggara itu  berharap mendapat dukungan semua pihak, terutama masyarakat Medan dan Sumut pada umumnya.

Mantan Direktur I Keamanan dan Transnasional (Kamtranas) Bareskrim ini mengatakan, pengalamannya sebagai Kapoltabes Medan selama 3 tahun (2000-2003) dijadikan bekal untuk memimpin kepolisian Sumut.

"Pengalaman saya sebagai Kapoltabes Medan setidaknya memudahkan saya mengenali geografis, adat-istiadat, dan situasi di Sumut

BACA JUGA: Kapolri Tunjuk Badrodin jadi Kapolda Sumut

Tapi yang saya tahu, situasi Medan dan Sumut sekarang tentunya sudah berbeda dengan situasi saat saya menjadi Kapoltabes
Bagaimana pun, dinamika masyarakat cukup tinggi dan situasi cepat berubah

BACA JUGA: Ketua DPRD Sumut Korban Plot Pembunuhan

Tapi paling tidak, ada hal-hal prinsip yang bisa menjadi bekal buat saya," ungkap Badrodin kepada JPNN, Sabtu (14/2).

Menurutnya, secara umum sifat masyarakat Sumut terbuka, kalau tidak suka langsung saja dibilang tidak suka
Kalau suka ya langsung dibilang suka

BACA JUGA: NAD Sertifikasi Tanah Bersama

Dengan karakter seperti ini, kata Badrodin, memudahkan dalam rangka mengidentifikasi suatu masalah.

"Dalam berpikir pun, masyarakat Medan khususnya dan Sumut pada umumnya sudah maju di banding daerah lainCara berpikirnya one step a head , sehingga mudah diajak dialog," ujarnya.

Siap Penuhi Panggilan DPR

Sementara terkait rencana pemanggilan oleh tim investigasi kasus unjuk rasa maut di Medan yang dibentuk Komisi III DPR, Badrodin menyatakan kesiapannya memenuhi bila memang dipanggil tim Komisi III DPR"Kalau sifatnya kelembagaan, saya harus siapKarena kalau sifatnya kelembagaan, siapa pun Kapoldanya, lama atau baru, saya harus siap kalau itu memang sebuah langkah konstitusional," ujar Badrodin.

Mengenai langkah awal yang akan menjadi prioritas, dia menjelaskan, tuntutan tugas dalam waktu dekat ini adalah pengamanan pelaksanaan pemiluSetiap tahapan ada kerawanannya"Menjelang pemilu ini, situasi kamtibmas cenderung memanas, begitu pun tensi politik juga memanas," ujarnya.

Dengan demikian, lanjutnya, yang penting adalah bagaimana seluruh jajaran kepolisian di Sumut selalu siap siaga dan selalu tanggap terhadap situasi di lapangan"Itu yang dipesankan Kapolri di mana-mana, termasuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar mantan Kapoltabes Medan (2000-2003) itu(sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Longsor Landa Kebumen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler