Kapolri Jenderal Listyo Minta Forkopimda Aceh Mencegah Peningkatan Positivity Rate

Jumat, 25 Februari 2022 – 22:22 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau akselerasi vaksinasi Covid-19 di Gedung LPMP Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (25/2). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Aceh menekan potensi lonjakan angka positivity rate di wilayah setempat. Oleh karena itu, kata Kapolri Jenderal Listyo, diperlukan strategi dan upaya maksimal untuk mencegah hal tersebut. 

Mantan Kabareskrim Polri itu menjelaskan saat ini positivity rate di wilayah Aceh mengalami peningkatan delapan persen, meskipun itu masih di bawah rata-rata nasional, yakni 18 persen. 

BACA JUGA: Kapolri Jenderal Listyo Sampaikan Perintah Ini untuk Irjen Iqbal

“Jadi, dalam kesempatan ini saya meminta rekan-rekan seluruhnya agar melakukan langkah-langkah," kata Kapolri Jenderal Listyo saat meninjau akselerasi vaksinasi Covid-19 di Gedung LPMP Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (25/2).

Dia menekankan upaya dan strategi yang harus dilakukan maksimal itu, yakni dengan terus melakukan percepatan akselerasi vaksinasi bagi masyarakat, baik dosis satu, dua hingga booster. 

BACA JUGA: Perintah Kapolri Sangat Jelas, Semua Anggota Harus Bergerak Cepat

Menurutnya, percepatan vaksinasi itu juga harus dibarengi dengan penguatan sosialisasi pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. 

Dia menegaskan bahwa kunci dari ini semua adalah kerja dari seluruh pihak. 

BACA JUGA: Tekan Penyebaran Covid-19, Kapolri Minta Warga Menjalani Isoter

Soliditas yang sudah ada, terbangun antara seluruh stakeholder, pemda, TNI dan Polri, seluruh tenaga kesehatan, betul-betul bisa bekerja dengan baik. 

“Tentunya ini harus kita dorong dan kita pertahankan," tegas jenderal bintang empat itu. 

Di sisi lain, mantan Kapolda Banten itu juga mengingatkan Forkopimda Aceh agar memperhatikan jangka waktu masyarakat yang sudah memasuki pelaksanaan vaksinasi booster. 

Pasalnya, ujar dia, dengan penyuntikan dosis ketiga itu masyarakat akan memiliki imunitas lebih baik dan mengurangi tingkat fatalitas akibat paparan virus corona. 

"Karena memang apabila kemudian melewati batas waktu yang ada, tentunya tingkat efektivitasnya akan sedikit menurun. Jadi, saya ingatkan untuk waktu yang sesuai sehingga manfaat dari vaksinasi betul-betul bisa optimal," ucapnya dalam siaran pers yang diterima. 

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo juga mengapresiasi seluruh stakeholder yang telah bekerja keras melakukan akselerasi vaksinasi di Aceh. 

Dia meyakini target vaksinasi di wilayah tersebut akan terus meningkat ke depannya. 

Dengan terbentuk kekebalan komunal, Listyo Sigit Prabowo menekankan bahwa hal itu akan berdampak pada terjaganya pertumbuhan perekonomian masyarakat di tengah lonjakan pertumbuhan Covid-19 khususnya varian Omicron. 

“Kami dorong akselerasi vaksinasi di wilayah Aceh dalam rangka untuk  menghadapi varian baru Omicron yang sudah mulai masuk,” katanya. 

Kapolri Jenderal Listyo yakin dengan semangat yang ada, maka semua bisa melewati dan menghadapi varian baru tersebut. 

“Tentunya kami ingin bahwa pertumbuhan ekonomi Aceh tetap bisa bertahan dan terus meningkat tanpa terganggu varian yang ada," papar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (boy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler