Kapolri: Ketersediaan Minyak Curah dan Sembako Jelang Ramadan Tercukupi

Tinjau Pasar Sehat Sabilulungan Soreang

Kamis, 24 Maret 2022 – 19:05 WIB
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau Pasar Sehat Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/3). Foto: Dok Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan ketersediaan minyak goreng curah serta sembilan bahan pokok (sembako) harus terjamin untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi akan segera memasuki bulan Ramadan.  

Jenderal bintang empat ini mengatakan itu saat meninjau Pasar Sehat Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/3).  Kapolri Jenderal Listyo dalam kunjungannya ingin memastikan proses distribusi minyak goreng berjalan lancar. 

BACA JUGA: Kapolri Jenderal Listyo: Kalau Ada Anggota Terlibat, Pecat dan Pidanakan

Selain itu, dia juga ingin memastikan ketersediaan minyak goreng khususnya jenis curah tersedia dan penjualannya sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. 

“Saya tadi bertanya langsung ke beberapa pedagang terkait keberadaan minyak goreng. Memang, kemarin mereka menyampaikan minyak curah masih belum dapat sesuai HET, tetapi hari ini saya tanyakan untuk Pasar Soreang mendapatkan lima ton dan dibagikan kepada 61 pedagang," kata Kapolri Jenderal Listyo seusai melakukan peninjauan. 

BACA JUGA: Peringatan Keras Kapolri Kepada Mafia Minyak Goreng: Pasti Kami Kejar

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan para pedagang menjual minyak goreng kepada masyarakat dengan harga Rp 15.500 per kilogram.

Menurutnya, hal itu sesuai HET yang ditetapkan pemerintah. 

BACA JUGA: Kapolri Meninjau Pasar Minggu, Pastikan Stok Minyak Curah untuk Warga Aman

Mantan Kapolda Banten ini juga menanyakan langsung kepada para distributor berapa harga yang mereka lepas ke pedagang.

Para pedagang mengaku melepas minyak goreng dengan selisih Rp 1.000 sehingga sampai ke konsumen Rp 15.500. 

"Saya harap dan minta tolong ini terus dikontrol sehingga keberadaan minyak curah betul-betul bisa tersedia dan harganya sesuai dengan HET," ujar Kapolri Jenderal Listyo. 

Lebih lanjut dia berharap ketersediaan dan harga minyak goreng termasuk sembako benar-benar terjaga hingga bulan Ramadan nanti dan seterusnya. 

Dengan begitu, segala kebutuhan sembako dan komoditas lainnya yang dibutuhkan masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga selalu tersedia. 

"Tentunya fluktuasi harga saya harapkan terus diikuti sehingga kita betul-betul bisa menjaga dan terkendali," tutup Kapolri Jenderal Listyo. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler