Kapolri Tunjuk 7 Kapolda Baru, Bang Edi Bilang Begini

Selasa, 21 Desember 2021 – 00:04 WIB
Pengamat kepolisian, Dr Edi Hasibuan. Foto: ANTARA/Kodir

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menanggapi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk tujuh kepala kepolisian daerah (Kapolda) yang baru.

Keputusan mutasi sebelumnya diterbitkan dalam surat telegram bernomor ST/2568/XII/KEP/2021.

BACA JUGA: Kapolri Terbitkan Telegram Terbaru untuk Komjen Firli Bahuri

"Saya kira mutasi tehadap tujuh kapolda yang dilakukan Kapolri beberapa hari lalu langkah yang tepat," ujar Edi dalam keterangannya, Senin (20/12).

Menurut Edi, mutasi penting dilakukan untuk penyegaran dan kebutuhan organisasi kepolisian, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat.

BACA JUGA: Bahaya Mengancam, Stop Konsumsi Makanan yang Digoreng

"Masyarakat tentu berharap kapolda yang ditunjuk kapolri akan membawa perubahan besar dalam pelayanan Polri saat kinerja kepolisian kini banyak disorot masyarakat," ucapnya.

Edi optimistis ketujuh kapolda yang ditunjuk menempati pos baru akan mampu mengemban amanah, mengingat track record mereka selama ini.

BACA JUGA: Buntut Dugaan Oknum Dosen Mencabuli Mahasiswi, 2 Dekan Diperiksa

Misalnya, penunjukan Irjen Pol Muhammad Iqbal sebagai Kapolda Riau, sangat tepat mengingat prestasi Irjen Iqbal yang sebelumnya menjabat Kapolda NTB.

"Kami menilai kapolri sudah menempatkan perwira tinggi terbaik polri pada jabatan yang tepat," kata anggota Kompolnas periode 2012-2016 ini.

Pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara, Jakarta ini kemudian menyoroti keberhasil Iqbal selama menjabat sebagai Kapolda NTB.

Memberikan dukungan yang maksimal dalam program percepatan vaksinasi nasional.

Kemudian, memberikan pengamanan yang maksimal selama penyelenggaraan World Superbike (WSBK) Mandalika, yang banyak mendapat apresiasi dari dunia internasional.

Edi juga menyambut baik penunjukan Brigjen Pol Djoko Poerwanto sebagai Kapolda NTB.

Brigjen Pol Djoko sebelumnya menjabat Dirtipidkor Bareskrim Polri.

Kemudian, penunjukan Direktur Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi Kapolda NTT.

Kapolri sebelumnya juga menunjuk Irjen Pol Agung Wicaksono menjabat Kapolda Bengkulu.

Kemudian, Irjen Pol Lotharia Latif menjadi Kapolda Maluku.

Kapolda Kaltim akan dijabat Irjen Imam Sugianto dan terakhir Irjen Pol Suryanbodo Asmoro ditunjuk menjabat Kapolda Kalimantan Barat.

"Imam saat menjabat Asops Kapolri, kegiatannya banyak membantu kegiatan sejumlah polda dalam pengamanan. Kami berharap kehadiran pejabat kapolda baru ini akan membawa warna baru dalam peningkatan kinerja polri di tengah masyrakat," kata Edi.(gir/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler