Karding Sebut Alumni PT Sangat Penting Berperan Nyata di Tengah Masyarakat

Minggu, 19 Maret 2023 – 17:59 WIB
Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) Abdul Kadir Karding menyebut alumni perguruan tinggi sangat penting berperan nyata di tengah masyarakat. Dia mengemukakan hal tersebut pada peresmian Ikateksi Undip di Grandhika City, Jatiwarna, Bekasi, Sabtu (18/3). Foto: Ist.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) Abdul Kadir Karding menilai alumni perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk berperan nyata di tengah masyarakat.

Karena itu, Karding berharap kehadiran sekretariat IKA Teknik Sipil (Ikateksi) Undip di Grandhika City, Jatiwarna, Bekasi, dapat digunakan sebagai pusat konsolidasi bagi para alumni, agar makin banyak ide, gagasan dan kegiatan yang lahir.

BACA JUGA: Anggota DPR Ini Menyoroti Rencana Revisi PP 109/2012, Tegas

Karding juga mendorong agar semua ikatan alumni di lingkungan Undip bisa memiliki kantor sekretariat.

Demikian dikemukakan Karding yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini pada peresmian Ikateksi Undip di Grandhika City, Jatiwarna, Bekasi, Sabtu (18/3).

BACA JUGA: DPR Sebut MyPertamina Bisa Kendalikan Distribusi BBM Bersubsidi

Pandangan Karding diamini Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikateksi periode 2022-2027 Koentjoro.

Dia berharap dengan kehadiran sekretariat yang permanen akan membuat program-program Ikateksi makin bisa diimplementasikan dan diaplikasikan.

BACA JUGA: Noor Rachmad: Hati Kami Terenyuh Menyaksikan Kehidupan Korban Gempa di Cianjur

Selain itu juga memberi tantangan kepada pengurus Ikateksi dan segenap alumninya untuk makin memberi hasil yang terbaik kepada Undip, alumni, bangsa dan negara.

Menurut data ada sekitar 7.700 alumni teknik sipil Undip.

Dari jumlah tersebut yang baru terdaftar melalui aplikasi digital D-Teksi baru 3.400-an orang.

"Saat ini Ikateksi memiliki aplikasi D-Teksi, sebagai media digital antar-alumni dan kampus untuk berinteraksi," katanya.

Koentjoro lantas meminta para koordinator dan senior tiap angkatan bisa mendorong alumni teknik sipil untuk ikut keanggotaan Ikateksi melalui aplikasi D-Teksi, sehingga partisipasi dan kegiatan alumni bisa lebih terukur.

Koentjoro kemudian menjabarkan sejumlah program Ikateksi yang ada saat ini.

Antara lain, membentuk bidang baru yaitu, bidang enterpreneur bisnis untuk mendukung organ bisnis Ikateksi yang sudah ada.

Kemudian, mengaktifkan empat bidang dalam struktur organisasi sehingga para pengurus dan anggota dapat berkolaborasi keanggotaan untuk menjalankan program kerja yang sudah disusun.

Koentjoro berharap Ikateksi dapat menjadi wadah bagi segenap alumni teknik sipil Undip untuk berperan aktif membangun negeri dan memberi sumbangsih bagi kampus dan industri.

Pihaknya juga akan menyiapkan regenerasi kepengurusan yang profesional sebagai program estafet berikutnya.

"Tentunya kami juga akan tetap meneruskan program-program pengurus lama yang belum selesai," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia dan juga Ketua Harian Ikateksi Undip periode 2017-2022 Firman Parmudianto mengatakan sekretariat Ikateksi merupakan sekretariat permanan pertama alumni jurusan atau fakultas di Undip.

Menurutnya Kantor Sekretariat Ikateksi menjadi satu dengan Kantor PT Lembaga Sertifikasi Profesi Kompetensi Konstruksi (PT LSP KK), di mana di sini juga dilengkapi dengan ruang kelas untuk kegiatan pelatihan.

Lebih jauh Direktur Pelaksana Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ini menjelaskan bahwa PT LSP KK adalah unit usaha pertama milik Ikateksi yang bergerak dalam sertifikasi profesi, khususnya dalam bidang konstruksi.

Menurut Firman dalam aplikasi D-Teksi memuat data base seluruh alumni Teknik Sipil Undip, data usaha dan bisnis alumni.

Kemudian, juga memuat data seputar kegiatan kampus dan alumni serta sebagai sarana untuk mengumpulkan dan menyalurkan beasiswa, termasuk donatur dan nama-nama penerima. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gegara Hal Ini, Venna Melinda Sampai Speachless: Ya Allah...


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler