Karena Evan Tak Malu Bertanya

Kamis, 19 September 2013 – 06:17 WIB
Evan Dimas Darmono selebrasi. Foto: Farid Fandi/Jawa Pos.dok

jpnn.com - APA kunci kegemilangan penampilan kapten timnas U-19 Indonesia Evan Dimas Darmono sejauh ini? Salah satunya, ternyata, karena dia tak pernah malu bertanya.

Rahasia itu dibeber Mario Karlovic, gelandang sekaligus rekan setim Evan di Persebaya 1927. Mario adalah sosok yang paling sering diajak diskusi pemain didikan Mitra Surabaya, salah satu klub internal di lingkup Persebaya tersebut.

BACA JUGA: Hat-Trick Messi Spesial Buat Gerardo Martino

"Saya salut dengan Evan (Dimas). Meski di level U-19 dia sudah tenar, dia masih mau belajar, mau tanya, dan minta masukan dari kami yang lebih senior. Tidak banyak pemain yang saya kenal memiliki karakter seperti dia," ucap pemain asal Australia itu.

Menurut Karlovic, Evan selalu aktif bertanya tentang penampilannya setelah Indonesia bertanding. Misalnya, terkait penempatan posisi, cara mengambil bola, maupun memberikan umpan silang kepada para pemain striker yang telah diplot menjadi tukang gedor Indonesia.

BACA JUGA: Harusnya Kita Bisa Bantai Malaysia

"Dia (Evan) tanya bagaimana seharusnya posisi dia saat tim menyerang atau saat dalam keadaan diserang. Begitu juga dengan posisi idealnya yang harus berada di depan atau hanya bergerak di sektor tengah sebagai penyuplai bola saja," jelas Karlovic.

Bahkan, diskusi itu juga terjadi sesaat sebelum Indonesia berhasil menahan imbang Malaysia 1-1 dalam pertandingan tadi malam. Karena Evan tinggal di Sidoarjo dan Karlovic di Surabaya, media komunikasi mereka menggunakan telepon seluler.  "Kalau tidak SMS ya  kami saling telponan," ungkap Karlovic.

BACA JUGA: Hasil Lengkap Liga Champions

Dalam tiap diskusi, Karlovic menyarankan agar Evan bermain laiknya Taufiq, gelandang Persebaya yang juga penggawa timnas senior Indonesia. "Itu karena Evan punya mental yang kuat untuk mengatur dan mengondisikan ritme pertandingan," lanjut pemain bernomor punggung 29 di Persebaya ini.

Evan juga mengakui kerapnya dia berdiskusi dengan Karlovic. Menurut pemain termuda Persebaya itu, Karlovic termasuk salah seorang pemain yang banyak memberikan inspirasi bagi dia dalam merintis karir dalam lapangan. "Saya suka dengan gaya bermain Karlovic, tenang tapi membahayakan," ucap Evan. (dik/ttg)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Napoli Jinakkan Dortmund


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler