Kartel Narkoba Buang Mayat Walikota di Pinggiran Kota

Kamis, 19 Agustus 2010 – 18:18 WIB

MEXICO CITY - Terjawab sudah pertanyaan tentang kondisi Edelmiro Cavazos, Walikota Monterrey di Meksiko yang diculik pada Minggu (15/8) lalu oleh kelompok kartel narkobaSeperti diberitakan REUTERS, aparat keamanan Mexico pada hari Rabu (18/8) kemarin menemukan mayat Eldemiro.

Sebelumnya, Eldemiro diculik oleh pembunuh bayaran yang berpakaian seperti polisi

BACA JUGA: Video Penyiksaan oleh Polisi Diprotes

Mayat Eldemiro ditemukan di pinggiran kota bernama Santiago di Meksiko, dengan mata tertutup dan tangan terikat
Eldemiro dijadwalkan dimakamkan pada hari ini.

Presiden Meksiko, Felipe Calderon, mengutuk keras pembunuhan itu

BACA JUGA: Mahkamah Internasional Lemahkan Klaim Malaysia

"Pembunuhan Edelmiro telah memaksa kita untuk melipatgandakan upaya melawan para penjahat pengecut ini," tulis Calderon melalui akun Twitter-nya.

Eldemiro yang baru berusia 38 tahun, adalah walikota yang mengenyam pendidikan di AS
Ia dikenal sebagai anggota Partai konservatif Aksi Nasional

BACA JUGA: Korut Punya Akun Twitter-YouTube

Sementara Monterrey yang dipimpinnya adalah daerah terkaya di Meksiko karena menjadi pusat industri yang memiliki hubungan bisnis erat dengan AS.

Gubernur Nuevo Leon, Rodrigo Medina, mengatakan bahwa Eldemiro yang mulai menjabat tahun lalu, menjadi target pembunuhan terkait usahanya untuk membersihkan kepolisian yang korup di SantiagoUpaya Eldemiro itu merupakan bagian dari upaya nasional untuk mengekang suap di kalangan polisi.

Bahkan ketika Eldemiro mulai menjabat, sempat mengaku ada kelompok-kelompok kriminal yang menemuinya dan berkata: "Anda harus bergabung dengan kami jika tidak kami akan menyingkirkan Anda".

Lebih dari 28 ribu orang, terutama pengedar narkoba dan polisi, telah tewas dalam perang narkoba di Meksiko sejak Desember 2006Kondisi ini semakin meningkatkan kekhawatiran pemerintahan Amerika Serikat

Kekerasan yang berhubungan dengan narkoba kian meningkat di Monterrey, seiring dengan persengketaan antara kartel Teluk yang kuat dengan mantan sayap kelompok bersenjata, ZetasSejak awal tahun ini, sengketa itu berubah menjadi perang habis-habisan.

"Ketidakamanan di Monterrey lepas kendali dan merupakan ancaman jelas bagi investasi ekonomiKota ini kehilangan kepemimpinannya," kata analis politik Jose Luis Garcia dari University of Monterrey.(ara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anjing Cacat jadi Ilham Bagi Tentara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler