Kasihan Najwa Shihab, Rizaldi Kurang Ajar!

Rabu, 19 Juli 2017 – 05:29 WIB
Najwa Shihab. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menyebar kabar miring soal Najwa Shihab di media sosial, beberapa hari terakhir. Sumbernya sebuah akun Facebook bernama Rizaldi Agung yang membagikan sebuah tautan berisi berita tersebarnya foto presenter 39 tahun itu “berbusana tak lengkap”.

Tak banyak kata yang diumbar Rizaldi ketika membagikan tautan tersebut. Dia hanya menuliskan ’’Wkwk gak nyangka bgt’’.

BACA JUGA: Celaka jika tak Menyebarkan ke Grup-grup Pertemanan? Ah…

Ironisnya, banyak yang menganggap tautan itu benar. Sampai-sampai tautan itu disebar lagi hingga 219 kali. Disukai 766 orang. Juga, dikomentari 227 facebooker.

Kebanyakan komentar menyudutkan Najwa. Mereka yang berkomentar miring mungkin tak sadar bahwa mereka sedang ditipu.

BACA JUGA: Ternyata Sering Main Instagram Bisa Merusak Mental

Wajar memang jika mereka tak sadar. Sebab, tautan itu dibuat seolah-olah berasal dari berita di okezone.com (MNC Group).

Ketika tautan tersebut diklik, Anda tidak akan menemukan halaman portal berita Okezone. Sebab, tautan itu mengarah pada laman https://facebook-redirect-info.blogspot.com/2017/06/navigator_28.html.

BACA JUGA: Ditangkap di Kamar Hotel, Tika: Terpaksa, Sekarang Kerja Susah

Alamat tersebut sebenarnya merupakan sebuah halaman blog. Tapi, oleh pelaku disamarkan seolah-olah portal berita teknologi, inet-detik.com. Di kalangan bloger, teknik itu biasa disebut iframe.

Laman portal inet-detik.com palsu itu tak akan tampil lama. Beberapa detik kemudian akan muncul pop-up berisi pemberitahuan pemenang hadiah.

Isinya, ’’Pemberitahuan Khusus! Wow, anda pengunjung HOKI ke-48 hari ini. Selamat anda mendapatkan Rp 300.000,- Voucher Pulsa GRATIS dari DETIK.com. Untuk menerima KODE Voucher GRATIS nya, WAJIB instal aplikasi Cashtree, cuma 3 mb!’’.

Setelah membuka aplikasi, otomatis Anda akan menerima SMS berisi ’’KODE Voucher Rp 300.000,- Bisa isi Pulsa ALL Operator. SEGERA INSTAL ! Hangus dalam 15 mnt. Tekan OKE/TEMUKAN, Buka Play Store >> Ada pertanyaan ? Kontak Kami melalui email tanya@detik.com, Tidak ke pihak Cashtree. Presented by DETIK.com TRANS Media, inc. 2017 Indonesia’’.

Dalam beberapa detik, pop-up pemberitahuan pemenang hadiah itu akan hilang. Anda akan dibawa ke halaman instalasi aplikasi Cashtree di Google PlayStore.

Bagaimana? Kurang ajar bukan si pembuat pesan dan si penyebar seperti Rizaldi? Mereka tak hanya menyebarkan hoax tentang Najwa Shibab, tapi juga mencatut nama dua portal berita.

Selain itu, pelaku menipu Anda agar menginstal aplikasi Cashtree. Anda tertipu dan pelaku untung karena dapat uang dari program afiliasi penjualan aplikasi.

Sosok Rizaldi pun tidak jelas. Dalam akun Facebook-nya tidak termuat informasi pribadi. Yang pasti, Rizaldi membagikan tautan soal Najwa Shibab itu di Facebook page berjudul ’’Bukan Beranda JKW-Ahok’’.

Jadi, yang mungkin bisa ditebak hanya motif menyebarkan informasi hoax itu. Mungkin Rizaldi merupakan bagian dari makhluk yang belum bisa move on dari sengkarut perhelatan pilkada DKI beberapa bulan lalu. (gun/eko/c19/fat)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ariel Tatum Bukan yang Pertama, Dua Seleb Ini Lebih Dulu Pensiun Medsos


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler