Kata Jenderal Andika, 3.123 Personel Dapat Mengerahkan Seluruh Kemampuan

Jumat, 27 November 2020 – 10:38 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa. Foto ilustrasi: ANTARA/HO

jpnn.com, BATURAJA - Sebanyak 3.123 personel terlibat dalam puncak latihan tempur TNI Angkatan Darat (AD) yang dipusatkan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat TNI di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan pada Kamis (26/11).

Dalam kegiatan itu, ribuan personel TNI AD menampilkan kombinasi dari berbagai kesatuan seperti Kavaleri, Infanteri, Armed, Arhanud dan satuan perkuatan lainnya dalam menumpas gangguan dari kelompok musuh lain.

BACA JUGA: Perintah Jenderal Andika Perkasa kepada Seluruh Prajurit TNI AD

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa mengatakan kegiatan itu melibatkan sejumlah kesatuan di TNI AD.

Beberapa di antaranya Satuan Infanteri dari Markas Brigif R-9/2/Kostrad, Yonif R-509/9/2/K, Yonif R-514/9/2/K, Yonif Mekanis R-412/6/2/K. Kemudian Satuan Kavaleri seperti dari Yonkav 8/2/K, Kikav 8/2/K.

BACA JUGA: Nasihati Mayjen Dudung, Ustaz Fahmi Salim Kutip Al Imran 159

"Satuan Artileri Medan dari Baterai Armed dari Yonarmed 1/2/K, Yonarmed 11/2/K, dan Yonarmed 12/2/K juga terlibat dalam kegiatan ini," kata Jenderal Andika di lokasi.

Dia menyebutkan bahwa latihan Puncak Antarkecabangan TNI AD Kartika Yudha 2020 ini menunjukkan dinamika Brigade Tim Pertempuran dalam operasi serangan.

BACA JUGA: Ruhut Sitompul Bicara Karier Politik Prabowo Subianto

Para personel TNI menunjukkan berbagai kombinasi manuver yang dilaksanakan seperti penembakan Tank Leopard, penembakan SMB.

Kemudian, manuver ranpur, kerja sama infanteri tank, tembakan Heli Apache dengan Hellfire dan Hydra.

"Latihan tempur kali ini sudah jauh lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. Tetapi memang, masih begitu banyak kekurangan kami. Saya harus akui," ucap Andika.

Namun, dia mengapresiasi kegiatan puncak latihan antarkecabangan yang sudah ditampilkan para Personel TNI AD tersebut karena dinilai sangat memuaskan.

"Para personel ini sudah dapat memberikan yang terbaik dengan mengerahkan seluruh kemampuan yang ada," pungkasnya.(antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler