Kawanan Gajah Liar Merusak Kebun Kopi Milik Warga di Lampung Barat

Minggu, 07 Juli 2024 – 20:35 WIB
Kawanan gajah liar yang merusak kebun kopi milik warga di Pemangku Rowo Agung, Pekon (Desa) Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat. (ANTARA/HO-Satgas Suoh)

jpnn.com - LAMPUNG BARAT - Kawanan gajah liar kembali masuk ke permukiman warga di Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Tidak hanya masuk ke permukiman, gajah liar juga merusak kebun kopi milik warga di Pemangku Rowo Agung, Pekon (Desa) Rowo Rejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA: Kawanan Gajah Liar Rusak Rumah Warga di Lampung Barat

"Gajah liar sore ini berada di Rawa Agung bawah sudah mendekati ke Simpang Mada dan 50 meter dari permukiman, dan sekarang masih ada di kebun cokelat dan kebon kopi. Posisi sekarang di Pemangku Rowo Agung, Desa Rowo Rejo, Kecamatan Suoh," kata Pembina Satgas Konflik Gajah Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) Sugeng Hari Kinaryo Adi saat dihubungi dari Lampung Selatan, Minggu (7/7).

Dia menjelaskan bahwa saat ini posisi gajah liar tersebut masih berpencar menjadi dua kelompok. 

BACA JUGA: EURO 2024: Bubi si Gajah Meramal Hasil Jerman Vs Skotlandia

Oleh karena itu, saat ini pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap galah-gajah yang merusak kebun milik warga itu.

"Posisi gajah tadi malam itu menyebar, ada yang sudah masuk di persawahan, ada yang masih ada di atas permukiman. Siang ini gajah ini juga berpencar. Tadi masyarakat memantau ada enam ekor, di atas kurang lebih 100 meter dari jalan dan dekat kebun ini ada 6 ekor dan selebihnya ada di dekat sawitan," katanya.

BACA JUGA: Spanduk PAN Dukung Irjen Ahmad Luthfi Pimpin Jateng Penuhi Jalan Gajahmada Semarang, Ternyata..

Dia mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya bersama masyarakat setempat masih melakukan pemantauan terhadap kawanan gajah liar yang masuk permukiman warga tersebut.

Menurut dia, saat ini Satgas Lembah Suoh sudah melaksanakan pengadangan dan penghalauan kawanan gajah liar tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) bersama Balai KSDA Bengkulu serta mitra (Repong Indonesia, YKWS, PILI, WCS dan YABI), telah berhasil memasang GPS Collar pada gajah liar yang ada di Lampung Barat, guna memantau posisi satwa dilindungi tersebut. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler