KBE Menggandeng Pertamina Membantu 220 UMKM di Papua dan Maluku

Sabtu, 10 Oktober 2020 – 20:07 WIB
Kitong Bisa Enterprise (KBE) dan Pertamina MOR VIII bekerja sama dalam mengusung program UMKM Naik Kelas bagi lebih dari 220 UMKM. Foto: Dok Pri

jpnn.com, JAKARTA - Kitong Bisa Enterprise (KBE) dan Pertamina MOR VIII bekerja sama dalam mengusung program UMKM Naik Kelas bagi lebih dari 220 UMKM.

Program itu bertujuan termasuk membantu UMKM dapat tetap bertahan selama masa pandemi virus corona (covid-19).

BACA JUGA: Pendiri Sang Pisang: UMKM Harus Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi Covid-19

Dalam program tersebut, KBE melakukan pelatihan dan pendampingan. Pertamina MOR VIII kemudian menyediakan pembiayaan modal usaha bagi para pelaku UMKM.

Pendampingan dilakukan di wilayah Jayapura, Ternate, Ambon dan Tual. Program tersebut dimulai dari Juli dan akan berakhir Desember. Pelatihan dan pendampingan yang diberikan secara intensif dilakukan secara daring dan luring.

BACA JUGA: Ini Strategi Jitu Sang Pisang untuk UMKM Agar Bertahan di Kala Pandemi

Fasilitator dan instruktur berpengalaman langsung bersentuhan dengan pelaku UMKM di lapangan.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero) Edi Mangun menjelaskan, pihaknya terus mendukung pengembangan UMKM agar tumbuh menjadi pelaku usaha yang tangguh dan mandiri.

“Kami berharap dengan adanya program ini lebih banyak lagi pelaku usaha yang membangun bisnis dari Timur Indonesia ke Barat,” kata Edi.

Direktur Utama sekaligus pendiri Kitong Bisa Enterprise Khoirun Mumpuni menyambut baik kerja sama dengan Pertamina Region VIII ini.

Dia menjelaskan, tantangan bagi bisnis pemula dan UMKM ialah akses pembiayaan.

“Oleh karena itu, crowdfunding adalah hal yang sangat penting dan harus dilakukan agar sebuah usaha atau program dapat berjalan dengan baik. Kemitraan kami dengan Pertamina ini merupakan bentuk konkretnya,” tambah Khoirun.

Dia menambahkan, KBE memiliki visi untuk membangun ekosistem wirausaha yang berkelanjutan bagi pemuda di Indonesia Timur dengan 4 pendekatan.

Keempat pendekatan itu ialah pelatihan bisnis dan pendampingan, pengembangan produk, akses pembiayaan serta memberikan akses pasar offline serta online, dan bekerja lebih keras lagi dalam bentuk kemitraan, dengan berbagai pihak lain, baik swasta maupun pemerintahan.

KBE bersama Pertamina juga terus melakukan pembinaan menyeluruh. Dia mencontohkan Selly Making selaku pemilik dari Suka Sushi. Dia merupajan salah satu penerima manfaat program ini di Jayapura.

Dengan adanya kerja sama ini, dia akhirnya bisa buka outlet sushi di Mall Jayapura.

“Dia mampu mempekerjakan 5 orang dan pendapatan meningkat drastis. Di Jayapura sendiri ada lebih dari 60 UMKM yang dibantu dalam program UMKM Naik Kelas ini,” tambah Khoirun. (jos/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UMKM   Pertamina  

Terpopuler