Ke Inggris pun Prabowo Subianto Bawa Keris

Jumat, 26 Maret 2021 – 19:55 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto saat memberikan cendera mata Keris Bali kepada Menhan Inggris Ben Wallace MP dalam kunjungannya ke London, Inggris. Foto: Antara/HO/Humas Setjen Kemhan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membawa keris saat melawat ke London, Inggris, untuk bertemu Menhan Inggris Ben Wallace MP, Selasa (23/3) lalu.

"Pada pertemuan dengan Ben Wallace di London, Pak Prabowo Subianto memberikan suvenir berupa keris," kata juru bicara menhan Dahnil Anzar dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (26/3).

BACA JUGA: Anies Baswedan-Prabowo Subianto Sudah Bertemu, Bahas Apa?

Dalam pertemuan itu, Menhan Prabowo dan Menhan Inggris membahas terkait kerja sama bilateral di bidang pertahanan.

"Keris Bali. Pak Prabowo menyebutnya 'warrior' keris. Saat damai keris diletakkan di belakang dan ketika perang keris di depan," tutur Dahnil.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Perkuat Hubungan Indonesia-Amerika dengan Kerja Sama Alutsista

Menurut Dahnil, sebenarnya cendera mata berbentuk senjata tradisional asli nusantara itu bukan pertama kali diberikan Prabowo kepada pejabat negara yang ditemuinya.

Dalam setiap pertemuan dengan delegasi atau menhan negara lain, Prabowo pasti selalu memberi cendera mata berbentuk senjata asli Indonesia.

BACA JUGA: Prajurit TNI Tewas di Tangan KKB, Sukamta PKS: Kami Berharap Prabowo Subianto Bergerak

"Pak Prabowo selalu membawa suvenir berbentuk senjata tradisional asli nusantara baik itu keris, pedang maupun parang," ungkap Dahnil.

Cendera mata berupa senjata tradisional nusantara itu, kata Dahnil, sebagai upaya memperkenalkan kebudayaan nusantara dan mempererat persahabatan dengan negara-negara tersebut.

"Dan menunjukkan kepada negara-negara sahabat bahwa dalam sejarah dan sampai saat ini, Indonesia adalah negara pejuang nan pantang menyerah menghormati semua peradaban, 'welcoming with the other', namun selalu siap sedia untuk mempertahankan kedaulatan negara dan bangsanya," ungkap Dahnil.

Dalam lawatan di London, kata Dahnil, Menhan Prabowo juga bertemu dengan sejumlah mitra di antaranya Utusan Khusus Perdagangan PM Inggris/anggota parlemen, Richard Graham MP. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler