Ke Markas Bilbao, Barca Ingin Buktikan Tak Tergantung Messi

Minggu, 01 Desember 2013 – 17:01 WIB

jpnn.com - BILBAO  -- Barcelona akan bertandang ke Stadiun San Memes markas Athletic Bilbao pada jornada ke-15 La Liga Spanyol. Ambisi bangkit setelah kalah dari Ajax Amsterdam 1-2, bisa jadi pelecut anak-anak catalan mengamuk di depan publik tuan rumah.

Anak asuh Gerardo Tata Martino ingin membuktikan, minum pilar utama seperti Lionel Messi dan Victor Valdes di bawah mistar, bukan masalah bagi tim. Barcelona adalah tim dengan skill merata baik di tim utama maupun pelapis. Sekalipun, superioritas dalam 20 laga musim ini sudah dinodai The Amsterdammers.

BACA JUGA: Taufiq Nilai Semua Lini Mumpuni

Cesh Pabregas sudah menegaskan, cedera pilar bukan alasan. Eks Arsenal ini yakni betul Barca bukan tim yang bertumpu pada satu dua pemain. Bahkan semangat tinggi juga sudah membara di benak playmaker, Xavi Herdandes. Pemain panutan di kubu Los Blaugrana ini sudah menyatakan kesiapannya bangkit.

"Kami harus menunjukkan kemampuan kami untuk memenangi setiap pertandingan dan kapasitas mental kami untuk merespon kekalahan. Kami adalah tim kompetitif, dan bagi kami, dasar apa pun bisa terjadi. Tapi, apa yang terjadi bergantung pada diri kami sendiri," tutur Pabregas jelang peremuan dengan Bilbao.

BACA JUGA: Persib Tunggu Dua Bek Asing

Sekalipun, memang tidaklah mudah bagi Barca untuk memetik poin di San Memes. Buktinya,  Los Leones julukan Athletic Bilbao mengepak empat kemenangan dan dua kali imbang dari enam laga terakhir. Pada pertandingan terakhir pada April lalu juga, anak asuh Ernesto Valverde berhasil menahan imbang tamunya ini.

Tapi bukan hasil imbang yang dibidik Valverde. Dia sesumbar bisa meraih poin penuh pada laga yang akan disiarkan secara langsung RCTI pada pukul 03.00 WIB. Mengantongi kelemahan Barcelona usai ditekuk Ajax menjadi modal anak didiknya untuk menghentikan kedikdayaan tiki-taka Barca.

BACA JUGA: Messi Minta Naik Gaji

“Ini pertandingan yang dinantikan setiap orang. Barcelona ditakuti semua orang di liga ini, pencapaian mereka luar biasa. Tapi kami tengah menikmati periode bagus saat ini dan menuju pertandingan dengan kepercayaan diri penuh. Rangkaian luar biasa mereka mungkin berakhir melawan Ajax, tapi kekalahan itu akan membuat mereka lebih waspada,” ucap Valverde dalam konfrensi pers.

Pemain muda Bilbao, Iker Muniain tak kalah optimis. Dia bahkan ingin menuangkan pil pahit kepada The Catalans. “Kami telah melihat bahwa Barcelona dapat dikalahkan. Ajax menunjukkan apa yang dapat dilakukan dan kami memiliki rekor kandang bagus melawan Barca," kata pemain 20 tahun.

Keberangkatan Barca ke Bilbao, sejumlah pilar utama seperti Lionel Messi, Jordi Alba, kiper Victor Valdes. Adriano dan Dani Alves sudah mengikuti latihan meski keduanya belum dinyatakan fit 100 persen.  Di lini belakang, kemungkinan Carles Puyol ditempatkan sebagai full-back kanan menggantikan Alves.

Di kubu tuan rumah, duo penyerang andalan mereka, Kike Sola dan Aritz Aduriz mesti absen karena masing-masing mendapat cedera dan kartu merah. Delantero muda kelahiran 20 tahun silam, Guillermo Fernandez kemungkinan dimainkan sebagai penyerang tunggal, ditopang Muniain dan Markel Susaeta yang dikenal rajin membongkar pertahanan lawan dan kreatif menyuplai bola matang. (arm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hattrick Bale Bikin Valladolid Mendekati Degradasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler