Kegagalan Vettel Masih Misterius

Selasa, 15 November 2011 – 04:45 WIB

ABU DHABI - Sial benar nasib Sebastian Vettel di balapan Grand Prix Abu DhabiTanpa sebab yang jelas, tiba-tiba ban kanan belakangnya kehilangan tekanan

BACA JUGA: Djohar: IPL Akan Tiru Liga Inggris

Dia pun out dari lomba setelah melintir di tikungan kedua lap pembuka.
   
Insiden tersebut mendapat perhatian serius dari tim Red Bull-Renault
Pemasok tunggal ban Formula 1, Pirelli, pun dibuat kalang kabut akibat peristiwa tersebut

BACA JUGA: Maung Bandung Krisis Penyerang

Bekerja sama dengan Pirelli, Red Bull masih terus mencari penyebab kesialan Vettel itu
Untuk sementara, kubu Red Bull menyatakan insiden tersebut terjadi seketika itu juga.
   
Untuk kali pertama musim ini, Vettel yang sudah memastikan gelar juara dunia musim 2011, tidak mampu menyelesaikan balapan

BACA JUGA: Robby Darwis Bangga Bawa Bendera Sea Games

Bahkan harus retire dini, kendati memulai balapan dari posisi terdepan di Yas Marina
   
Hal itu tidak lepas dari koyaknya ban kanan belakang di lap pertamaSempat berusaha melanjutkan dan masuk ke pit, akhirnya Vettel memutuskan out setelah kerusakan suspensi.
   
"Dia sialBannya baik-baik saja sampai Tikungan 1 dan Anda bisa lihat tiba-tiba bannya kehilangan tekanan," ujar Christian Horner, Team Principal Red Bull."Saya pikir kerusakan suspensinya berasal ketika rim mobilnya kandas ke lintasan ketika dia melintirAkan tidak aman untuk meneruskan," lanjutnya.
   
Horner menjelaskan, Vettel mengambil jalur yang sama seperti biasanya pada Tikungan 1 dan menduga bannya rusak karena adanya sisa pecahan atau puing dari balapan pendukung di lintasan itu.
   
"Hari ini (Minggu, 13/11) tim sedikit frustrasi karena sebelumnya Seb tampil bagus, salah satu kualifikasi terbaik dalam karirnya, untuk mendapatkan poleSial sekali harus retire dengan cara itu," lanjutnya.
   
Lebih lanjut Horner mengatakan, beruntung hal itu terjadi tahun ini saat gelar juara sudah dalam genggaman"Bagus sekali ini terjadi tahun ini, daripada terjadi tahun lalu," kata Horner dikutip Autosport.
   
Opini Horner jelas masuk akalDi GP Abu Dhabi tahun lalu, Vettel berjuang keras merebut gelar juara dunia untuk pertama kalinyaKala itu, Abu Dhabi menggelar seri terakhir dan pembalap Ferrari Fernando Alonso masih memimpin klasemen sementara, Vettel berada di posisi ketiga.
   
Pembalap asal Jerman ini akhirnya memastikan gelar juara dunia untuk kali pertama setelah tampil gemilang sepanjang balapan di Yas Marina, sementara laju Alonso terhambat Vitaly Petrov yang memaksanya finis di urutan tujuh.
   
Dari pihak Pirelli, Director Motorsport Paul mengaku sudah berusaha menelusuri sejumlah kemungkinan yang dapat menyebabkan kerusakan pada ban Vettel.
   
"Kami sudah melihat lintasan dengan Seb, melihat-lihat kalau ada sisa pecahan (dari kendaraan lain) di lintasanSejujurnya kami tidak menemukan apapunKami kini sedang berdiskusi dengan Red Bull dan bekerja sama untuk memahami apa yang terjadi guna memberi penjelasan kepada Seb," terangnya.
   
"Kami bekerja sampai larut dan jika kami tidak memiliki peralatan untuk menganalisanya di sini, kami akan mengirimkannya ke Milan dan berusaha menemukan jawabannya," beber Hembery(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 8 Atlet Papua Barat Berlaga di Sea Games


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler