Kejar Dalang Ekspoitasi Seks Anak

Polisi Lacak Pria Bernama Piter

Kamis, 29 Mei 2014 – 15:21 WIB
Kejar Dalang Ekspoitasi Seks Anak. Ilustrasi

MAKASSAR -- Setelah mengamankan pelaku penjualan anak kepada lelaki hidung belang, fokus penyidikan pun beralih. Polisi kini fokus mengejar dalang eksploitasi seks anak yang menelan empat korban, Rabu (28/5).
    
Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar, Sulawesi Selatan saat ini melakukan pencarian terhadap seorang pria bernama Pieter. Oknum legislator terpilih ini dituding sebagai dalang sekaligus pelaku utama kasus ini.
    
Kassubnit 1 Unit PPA Satuan Reskrim Polrestabes Makassar, Iptu Afriyanti Firman menyatakan, keterangan keempat korban sudah lengkap. Begitupula dengan keterangan Sukma, salah seorang pelaku yang bertugas sebagai perantara atau penyuplai gadis belia.
    
"Kami sudah lakukan pemeriksaan. Baik kepada seluruh korban maupun terhadap pelaku. Mereka mengakui," jelas Afriyanti.
    
Hasil pemeriksaan mengarah pada satu namam, Pieter. "Saat ini kami berusaha mengejar dalang eksploitasi seks anak," beber dia.
    
Modus pelaku dengan sistem jual beli atau trafickking. Pelaku membayar jasa kepada penyuplai gadis-gadis yang masih di bawah umur. Bayarannya pun berkisar antara Rp1 juta hingga Rp2 juta. Korbannya pun anak gadis yang masih berusia 12 hingga 13 tahun.
    
Sementara, untuk merekrut bocah yang masih ingusan, penyuplai mengiming-imingi uang hingga Rp300 ribu kepada setiap korban. Selanjutnya digiring ke sebuah hotel tempat pelaku melakukan aksi bejatnya.
    
Kassubag Humas Polrestabes Makassar, Kompol Mantasiah, mengatakan, Sukma yang juga penyuplai tak jarang turut langsung saat aksi menggauli korban oleh pelaku berlangsung. Sukma kadang bertugas mendampingi korban agar tidak berontak.
    
Saat ini, Sukma masih menjalani pemeriksaan mendalam di Unit PPA. Dia telah mendekam di balik jeruji tahanan Polrestabes Makassar.
    
"Untuk Pieter, anggota masih melakukan pencarian. Kami pun telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian Toraja," sebut Mantasiah. (zaq/rif)

BACA JUGA: Nasabah Bank Ditembak, Rp 175 Juta Digasak

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau ke Rumah Sakit, Malah Tewas Dihajar Trailer


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler