Kejebak Macet? Ini 5 Kiat Agar Lebih Tenang di Jalan

Jumat, 21 Februari 2020 – 04:28 WIB
Ilustrasi kemacetan. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com - Pernah merasa stres karena terjebak macet di jalan? Hal ini mungkin sering terjadi pada Anda, apalagi jika tinggal di kota besar dengan padat kendaraan pada jam pergi dan pulang kantor.

Bagi pekerja kantoran yang diburu waktu, tak bisa dipungkiri bahwa jalanan macet kerap memudahkan emosi meluap.

BACA JUGA: Ternyata Google Maps Bisa Rekayasa Kemacetan

Ketika sudah terjebak macet, begini cara mengatasinya

Stres karena macet bisa buat mood berantakan dan jadwal harian tak karuan. Namun, bila sudah terlanjur melalui jalanan macet yang tak terhindarkan, cara terbaik untuk meminimalkan stres adalah dengan menghadapinya dengan santai saja.

BACA JUGA: Ini Penyebab Macet Bisa Bikin Anda Stres

Berikut kiat yang bisa membuat Anda lebih tenang di jalanan.

1. Tarik napas panjang, hembuskan

BACA JUGA: Evaluasi Mudik: DPR Menyoroti Kemacetan dan Kecelakaan Kapal

Jangan sampai kemacetan menyebabkan stres. Marah pun tak memberi solusi jalanan jadi lancar. Oleh karenanya, tenangkan diri dengan menarik napas dan menghembuskan perlahan. Teknik ini bisa membuat Anda jadi lebih rileks.

2. Jadikan kemacetan sebagai kesempatan

Bila kemacetan biasanya membuat Anda jadi stres, coba ibaratkan kemacetan tempat me time untuk Anda. Misalnya, sebagai waktu rileks untuk beristirahat atau kesempatan menyetel lagu dan radio favorit.

3. Senyum saja

Saat kemacetan, cobalah untuk tersenyum, cara ini mampu mengurangi tingkat respon tubuh terhadap stres. Mungkin saja ada hal lucu di sekitar kemacetan. Setidaknya jadikan hal itu hiburan untuk Anda.

4. Pasrah untuk hindari kecemasan

Tak sedikit pengendara saling memburu waktu di jalanan. Tetapi ketika Anda sudah terlambat, sementara jalanan macet, santailah saja. Pasrah dan nikmati perjalanan, buang jauh-jauh pikiran cemas. Terkadang pikiran menjadi hakim bagi diri kita sendiri. Hal ini memicu Anda mudah stres di jalanan.

5. Tidak perlu marah

Stres karena macet bisa menimbulkan marah. Namun, jangan harap ketika Anda marah, Anda menghilangkan emosi negatif.

Justru ini akan berpengaruh pada pengemudi lain. Bisa jadi sumber emosi dari pengemudi lainnya. Tapi biarkan saja pengemudi lain dan jangan terlalu terbawa emosi. Cukup santai saja.(HelloSehat)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Macet   Kemacetan   Stres   Jalan   mengatasi stres  

Terpopuler