Keluarga Brigadir J Berpotensi Terancam, LPSK Masih Kesulitan

Sabtu, 30 Juli 2022 – 07:22 WIB
Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) masih sulit berkomunikasi dengan pihak keluarga Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo menyebutkan mereka telah mengirimkan surat kepada keluarga Brigadir J melalui kuasa hukum.

BACA JUGA: Apa Pertimbangan Polri Memakamkan Brigadir J Secara Kedinasan?

"Kami sampaikan bahwa LPSK terbuka untuk memberikan perlindungan kepada keluarga Brigadir J karena berpotensi terancam," kata Hasto seperti dikutip dari Antara, Jumat (30/7).

Dia mengimbau keluarga almarhum Brigadir J agar mengajukan permohonan perlindungan apabila mendapatkan ancaman atau intimidasi dari pihak mana pun.

BACA JUGA: Bharada E Diam-Diam Datang ke Kantor LPSK, Konon Ketua Baru Tahu

"Kami membuka peluang agar keluarga Yosua mengajukan permohonan kalau merasa ada ancaman atau membutuhkan perlindungan," kata Hasto.

Dia menjelaskan LPSK baru bisa berkomunikasi dengan pengacara keluarga almarhum.

BACA JUGA: Istri Ferdy Sambo Ternyata Minta Perlindungan Begini ke LPSK

Namun, LPSK menilai pengacara keluarga Brigadir J memiliki persepsi keliru terhadap kredibilitas lembaga tersebut.

"Waktu itu saya lihat di televisi dikatakan LPSK di bawah polisi. Masa memberikan perlindungan kepada polisi? Itu kan keliru," ujar Hasto.

Dia mengatakan LPSK merupakan lembaga negara yang bersifat independen. Siapa saja bisa mengajukan permohonan dengan catatan harus melalui tahapan di antaranya asesmen dan investigasi.

Berdasarkan amanah undang-undang, tugas LPSK ialah memberikan layanan perlindungan termasuk bantuan kepada saksi dan korban.

Tujuannya, agar para terlindung bisa memberikan keterangan secara benar, aman, tidak terancam, dan proses peradilan berjalan sesuai koridor hukum. (antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler