Seorang bayi dilaporkan meninggalkan dunia akibat kelaparan yang kini melanda Vanuatu, negara pulau di kawasan Pasifik, yang awal 2015 diterjang badai angin topan Pam. 

Dr Jacob Kool dari badan kesehatan dunia WHO di Vanuatu menjelaskan, bayi asal pulau Tanna Island itu meninggal akibat diare akut yang disebabkan oleh air minum terkontaminsi dan makanan yang tidak layak.

BACA JUGA: Boneka Teddy Keliling Canberra Sebelum Dikembalikan ke Pemiliknya

Kemarau panjang menerjang Vanuatu setelah sebelumnya diporakporandakan oleh badai angin topan Pam. Akibat kemarau itu, banyak warga di pulau-pulau terpencil bergantung pada bahan makanan yang tidak layak.

"Terjadi kekurangan bahan makanan di sini," kata Dr Kool. "Warga kini makan bahan makanan yang biasanya tidak mereka makan."

BACA JUGA: Inilah Sosok Penting di Balik Layar Pemerintahan Tony Abbott

"Kemungkinan penyakit diare disebabkan oleh hal itu," tambahnya.

Dr Kool menjelaskan, dengan kemarau panjang saat ini, warga mulai meminum air yang tidak aman dikonsumsi.

BACA JUGA: SBY Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Western Australia

Pihaknya mendapat laporan adanya tiga anak-anak yang sedang mengalami diare akut.

Pulau Tanna Island merupakan salah satu lokasi yang paling parah diterjang badai angin topan Pam.

Selain menghancurkan rumah, badai itu juga menghancurkan ladang, kebun serta sumber air minum warga.

Menurut Charlie Damon dari LSM CARE International, pihaknya telah menyalurkan bibit dan peralatan pertanian bagi penduduk di Tanna Island.

Namun, kata Damon, musim kemarau telah menghambat upaya pemulihan pasca badai angin topan Pam.

"Penduduk kini mengandalkan umbi-umbian sebagai bahan makanan. Anak-anak sekolah menjadikannya sebagai makan siang mereka," jelasnya.

Pemerintah Vanuatu sudah mengumumkan akan menyalurkan beras dan ikan kaleng kepada warga yang terdampak. Ini merupakan yang keempat kalinya sejak badai topan Pam.

Namun menurut Dr Kool, upaya itu bersifat sementara. "Sebaiknya semua lembaga bantuan kembali lagi ke Tanna Island," katanya.

Sementara itu kemarau panjang juga dilaporkan telah menyebabkan terjadinya kelaparan di salah satu wilayah di Papua Nugini.

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Cara Anak Muda Australia Melawan Radikalisasi

Berita Terkait