Kembali ke Spanyol, Cuper Latih Santander

Jumat, 01 Juli 2011 – 23:12 WIB
MADRID - Hector Raul Cuper kembali lagi ke Liga Primera SpanyolSetelah sempat melanglangbuana melatih Parma, timnas Georgia, dan klub Yunani Aris Thessaloniki, Cuper akhirnya mendarat lagi di Spanyol untuk melatih Racing Santander.

Dia bergabung ke Santander menggantikan Marcelino Toral yang memutuskan angkat kaki pada akhirnya musim lalu untuk menjadi pelatih di Sevilla

BACA JUGA: Arena Pembuktian Jagoan Italia

"Hector Cuper melatih Racing pada 2011-2012," begitu keterangan di situs resmi klub.

Kontrak yang didapat Cuper di Santander hanya kontrak pendek
Dia disewa untuk satu musim kompetisi dengan opsi perpanjangan

BACA JUGA: Motivasi Carrizo setelah Klub Degradasi

Keputusan memilih Cuper karena pengalamannya melatih beberapa klub di Liga Primera.

Nama Hector Raul Cuper melejit kali pertama ketika membesut Real Mallorca
Klub medioker Spanyol tersebut mampu dibawanya mencapai final Copa del Rey pada 1998 dan final Piala Winner 1999

BACA JUGA: Frings dan Koevermans Gabung Toronto FC

Dia juga sukses bersama Valencia.

Selain satu gelar Piala Super Spanyol pada 1999, Cuper juga dua kali membawa Los Che, julukan Valencia, melaju ke final Liga ChampionsTorehannya yang membuatnya disebut sebagai MrRunner-up, lantaran sering final, tapi gagal juara.

Setelah terhitung cukup sukses di Valencia, Cuper membuat presiden Inter Milan Massimo Moratti terpikatDia akhirnya mendarat di Giuseppe Meazza pada 2001Sayang, dia gagal mengulang cerita manis di Inter dan dipecat pada 2003.

Dia sempat balik lagi ke Mallorca pada 2004, tapi pada periode keduanya, Cuper tidak begitu suksesMeski begitu, dia mampu bertahan selama dua musim setelah akhirnya memutuskan pindah ke Real Betis selama semusim dan Parma selama semusim.

Selepas dari Parma, Cuper ditunjuk melatih timnas GeorgiaHasilnya, sama sekali Georgia tidak pernah menang ketika ditanganinyaAkibatnya, kontrak Cuper tidak diperpanjangNamun, dia langsung mendapatkan tawaran dari Aris.

Bersama Aris, dia sempat merasakan final Piala Yunani pada 2010Namun, seperti final-final sebelumnya, kali ini dia kembali kalah dari PanathinaikosSituasi yang membuat reputasinya sebagai MrRunner-up makin kuat.

Bersama Santander, Cuper diharapkan bila kembali berprestasiSetidaknya mampu mengangkat Santander ke persaingan di sepuluh besarMusim lalu, mereka finis di peringkat ke-12 di tangan pelatih Marcelino Toral(ham/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siapkan Dua Opsi Piala Indonesia 2011


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler