Kemdagri Terjunkan Tim ke 269 Daerah

Jumat, 04 Desember 2015 – 18:38 WIB
Ilustrasi surat suara/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Yuswandi Temenggung mengatakan, pihaknya akan menerjunkan tim ke 269 daerah untuk memantau pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015. 

Tim menurutnya, tim bukan berperan sebagai pengawas pilkada. Namun ‎dikhususkan mengawasi Pemda setempat dalam menyiapkan Pilkada serentak.

BACA JUGA: 10 Capim KPK Mulai Diuji DPR

“Bedakan, (dengan pemantau lainnya) kami ini bukan penyelenggara, bukan pemantau pemilu, kita ini fungsinya fasilitasi pemerintah,” ujar Yuswandi, Jumat (4/12).

Ia menekankan ada empat hal yang menjadi pedoman wajib tim. Yaitu masalah anggaran pilkada,  distribusi logistik ke daerah, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilu serta netralitas aparatur sipil negara (ASN).

BACA JUGA: SAH! PDIP Optimistis Soerya-Ansar Bisa Bawa Kepri Lebih Baik

“Selain itu juga mengecek Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sampai menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU,” ujarnya.

Tim rencanannya akan diberangkat Senin (7/12) hingga Jumat (11/12). Namun mereka terhitung aktif bekerja selama tiga hari yakni Selasa, Rabu dan Kamis. Pada Senin dan Jumat merupakan cadangan waktu untuk antisipasi kondisi dan pelaporannya. “Pantau dinamika di sana, catat dan laporkan,” ujar Yuswandi

BACA JUGA: Antisipasi Pilkada Dua Putaran, KPU DKI Minta Anggaran Besar

Selain itu, para tim ini juga dibekali berbagai fasilitas teknolog. Antara lain, video converence. Di setiap provinsi sudah ada sarana untuk mempermudah pelaporan ke pemerintah pusat. Bila ada masalah di kabupaten/kota kordinasikan dengan tim tingkat provinsi.(gir/jpnn)‎

BACA ARTIKEL LAINNYA... Status TMS Dicabut, Ismet Mile Resmi Jadi Cabup Bonbol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler