Kemdiknas Gelar Lomba Khusus Animasi Nasional

Minggu, 16 Mei 2010 – 17:39 WIB
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh meminta agar jajarannya menyelenggarakan lomba animasi khusus tingkat nasionalDia sekaligus menekankan agar karya animasi yang diciptakan nantinya berbasis pada pentingnya karakter.

"Animasi memiliki dampak yang luar biasa terhadap pembentukan karakter dan bagian dari creative industry

BACA JUGA: DKI Jakarta Boyong Piala Bergilir LKS SMK XVIII

Saya tadi sudah meminta tolong, urusan animasi dibuatkan secara khusus
Nanti (karya) pemenangnya bisa ditayangkan di televisi," kata Mendiknas, saat meninjau Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK XVIII dan Pameran Teaching Industry, di Arena Pekan Raya Jakarta, Minggu (16/5).

Dalam LKS yang berlangsung pada 12-17 Mei 2010 itu sendiri, Mendiknas mengatakan, kegiatan lomba dan eksibisi merupakan ajang pembuktian, sekaligus memberikan dorongan kepada kepada siswa SMK untuk memberikan yang terbaik

BACA JUGA: SMK di Papua Sulit Ikuti Perkembangan Otomotif

Menurut Mendiknas, lomba yang terkait keterampilan, mulai dari pastry, mekanikal, sampai dengan lomba animasi, menunjukkan adanya kombinasi antara akal dan sentuhan seni.

"Dari tahun ke tahun (LKS) menunjukkan ada peningkatan
Oleh karena itu, saya berpesan agar lomba ini tidak boleh berhenti dan hanya menjadi rutinitas, tetapi harus terukur

BACA JUGA: Selisih Kesejahteraan Guru Swasta dan Negeri Sangat Tipis

Syukur-syukur lomba yang ada menjadi bagian dari lomba-lomba internasionalKementerian memberikan dukungan sangat penuh," jelasnya.

Mendiknas bahkan berpendapat, mobil karya siswa yang dipamerkan di sana, tidak hanya disajikan di arena pameran tetapi harus pula dikembangkan dengan para pengusahaSehingga lanjutnya, karya siswa itu dapat tersalurkan dan ujungnya adalah penciptaan lapangan kerja"Kemampuan adik-adik kita sangat-sangat membanggakan, mulai dari detail teknis sampai hal yang bersifat imajinatif," tandasnya.

Dikatakan M Nuh pula, untuk memenuhi kebutuhan yang besar dari industri, Kemdiknas sendiri akan melakukan ekspansi baik dari segi jumlah SMK maupun siswanyaHal itu diharapkan bisa menutupi kebutuhan pasar"Tidak hanya mobil saja yang kita perhatikan, tetapi kriya dan jewelleryIntinya, seluruh spektrum harus kita berikan perhatian secara khusus," katanya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Industri Kreatif, Peluang Utama Lulusan SMK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler