Kemenag: 127 Pemda Siap Mendukung Pelaksanaan PPG Guru PAI

Minggu, 22 Mei 2022 – 20:50 WIB
Sebanyak 127 pemda siap mendukung pelaksanaan PPG guru PAI. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) memberikan Tanda Mata kepada Pemda yang telah memberikan perhatian terhadap Pendidikan Agama Islam (PAI). 

Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Kemenag Amrullah mengatakan, guru PAI memiliki tiga sumber untuk pelaksanaan pendidikan profesi guru (PPG).

BACA JUGA: Kemenag Menargetkan 131.330 Guru PAI Punya Serdik Tahun Ini

Pertama, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kedua, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan terakhir, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Pada 2021 terdapat 117 Pemda tingkat I dan II yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan PPG guru PAI.

BACA JUGA: Surat Terbaru Kemenag soal Pretes PPG Guru PAI, Perhatikan 6 Ketentuannya

"Untuk 2022, sudah ada 127 Pemda yang siap mendukung pelaksanaan PPG guru PAI di Indonesia,” tutur Amrullah, Minggu (22/5).

Dikatakan Amrullah, pemberian Tanda Mata PAI dilaksanakan bersamaan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi tanda bahwa afirmasi pemerintah pusat maupun daerah terhadap guru PAI diharapkan mampu menjadi wasilah kebangkitan guru PAI.

BACA JUGA: Kemenag: Pretest PPG Guru PAI Bukan 22 April

Kebangkitan guru bisa ditandai dengan meningkatnya profesionalitas dan kesejahteraan. 

"Dengan semangat ini tentunya akan berdampak pada mutu pendidikan bangsa,” ucap Amrullah.

Menurut Amrullah, keberadaan guru PAI dalam proses pendidikan nasional memiliki posisi strategis khususnya dalam membangun spirit keberagamaan di sekolah.

Spirit keberagamaan yang ditransformasikan oleh guru PAI kepada peserta didik, diharapkan mampu menyebarkan nilai-nilai Islam Rahmatan lil Alamin.

“Guru PAI menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pesan-pesan keberagamaan yang menjadi pondasi anak didik di sekolah,” tegas Amrullah.

Dia berharap kolaborasi antarpemerintah pusat dan daerah dalam memberikan perhatian serta kontribusi nyata terhadap guru PAI, sehingga mampu menjadi bagian dari proses pendidikan agama Islam yang menjadi kebutuhan mendasar dalam penyiapan mutu sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan berkarakter.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat PAI Rizky FA, menambahkan, Kementerian Agama melalui Direktorat PAI mengundang  548 peserta dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/ kota.

Kemenag juga memberikan apresiasi terhadap Kabid yang membidangi PAI di kantor Kemenag Provinsi, serta 28 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang telah sukses dalam pengelolaan dan pelaksanaan PPG 2021. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kemenag   PPG Guru   Guru PAI   PPG  

Terpopuler