Kemenag Sarankan Calon Haji Punya Rekening Pribadi

Selasa, 10 Juni 2014 – 22:12 WIB
Menag Lukman Hakim Saifuddin. FOTO: getty images

jpnn.com - JAKARTA -  Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya melakukan perbaikan terkait pengelolaan setoran dana haji. Salah satu caranya adalah setiap calon haji memiliki rekening sendiri.

"Terkait dengan setoran dana haji yang sekarang mengantri sampai belasan tahun bahkan di beberapa daerah begitu. Kami punya pikiran akan disempurnakan gagasan ini agar ke depan sebaiknya calon haji memiliki rekening sendiri," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers di KPK, Jakarta, Selasa (10/6).

BACA JUGA: Glenn Fredly: Jokowi-JK Tampil Keren

Menurut Lukman, calon haji bisa memperkirakan jangka waktu untuk melunasi biaya haji apabila memiliki rekening sendiri. "Pada akhirnya setorannya mungkin lebih diperkecil jumlahnya karena jangka waktunya diperkirakan akan panjang maka jasa atau kalau harus melunasi jumlahnya harus tidak terlalu banyak," ujarnya.

Dengan sistem seperti itu menurut Lukman, setiap warga negara yang ingin berangkat haji menggunakan dana dari dirinya sendiri. Langkah itu berbeda dengan sekarang yakni menggunakan dana optimalisasi yang menimbulkan masalah.

BACA JUGA: Materi Debat Capres Dirumuskan Akademisi Bergelar Profesor

"Ada sejumlah dana yang terhimpun karena jasa bank, yang digunakan untuk mensubsidi bagian-bagian tertentu dari pembiayaan dana haji, ini menimbulkan problem-problem sendiri," tandas Lukman. (gil/jpnn)

BACA JUGA: Soal HAM di Debat Capres, Simpati Publik ke Prabowo Terdongkrak

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pertanyaan JK soal HAM Justru Untungkan Prabowo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler