Kemendes PDTT Raih Penghargaan Mitra Bakti Husada 2020

Kamis, 12 November 2020 – 21:47 WIB
Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid. Foto: humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) meraih penghargaan Mitra Bakti Husada 2020 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penghargaan itu diberikan berkaitan dengan penerapan Protokol Kesehatan dan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

BACA JUGA: SDGs Desa Menjadi Skala Prioritas Kemendes PDTT di 2021

Kemendes PDTT dinilai menerapkan K3 dan dinilai secara mandiri dan diverifikasi oleh tim yang ditentukan oleh Kemenkes.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid merasa bangga atas penghargaan yang cukup bergengsi itu. Apalagi berkaitan dengan Protokol Kesehatan dan penerapan K3.

BACA JUGA: Kemendes PDTT Mulai Program SDGs Desa untuk Wujudkan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Taufik Madjid menjelaskan bahwa Kemendes PDTT telah menelurkan sejumlah Kebijakan dan gerakan riil untuk penanganan pandemi Covid-19.

Pertama, melakukan pengalihan Dana Desa untuk untuk Program Desa Tanggal Covid-19 dengan membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19, Ruang Isolasi, Gerbang Desa, dan Kampanye Hidup yang bertujuan agar coronavirus tidak menyebar di desa.

BACA JUGA: Nikita Mirzani Mendadak Trending Topic di Twitter, Diduga Hina Habib Rizieq

"Kemendes PDTT telah merilis Protokol Normal Baru Desa yang jadi guidance bagi desa untuk jalankan era New-Normal Desa," kata Taufik, Kamis (12/11).

Selain itu, Kemendes PDTT telah memikirkan aspek rebound ekonomi desa pascapandemi dengan program Bantuan Langsung Tunai, Padat Karya Tunai Desa hingga program Ketahanan Pangan di dipusatkan di lokasi transmigrasi.

"Kemendes PDTT telah mengampanyekan Gerakan Setengah Miliar Masker untuk Desa dan bekerja sama dengan PKK, karena masker ini dianggap sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Plt dirjen PPMD ini.

Dia menambahkan bahwa Kemendes PDTT menaruh perhatian yang besar terhadap aspek keselamatan dan kesehatan pegawai.

Hal itu dibuktikan dengan  langkah Biro Sumber Daya Manusia dan Umum ;lewat penyusunan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

Kemendes PDTT meraih penghargaan MBH 2020 dalam kategori Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Swasta, bersama PT. Freeport Indonesia Tembagapura Timika dan PT. PGAS Telekomunikasi Jakarta.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyerahkan penghargaan secara simbolis melalui virtual bersamaan dengan puncak acara Hari Kesehatan Nasional ke-56 Tahun 2020.(*/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler