Kemendikbudristek & Abbott Perangi Malnutrisi Anak di Indonesia

Jumat, 23 Agustus 2024 – 22:40 WIB
Kemendikbudristek dan Abbott, perusahaan industri kesehatan global berkolaborasi memerangi malnutrisi anak di Indonesia. Foto dok. Kemendikbudristek & Abbott

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)! dan Abbott, perusahaan industri kesehatan global

berkolaborasi memerangi malnutrisi anak di Indonesia. Sebagai bagian dari kolaborasi, Abbott dan Kemendikbudristek baru-baru ini menyelenggarakan program pendidikan di TK Islam Bunayya. 

BACA JUGA: Kemendikbudristek: Edugames, Solusi Edukasi Siswa tentang Perubahan Iklim

Program ini memberikan informasi dan sumber daya terhadap keluarga dan anggota komunitas, menyediakan pemeriksaan di tempat untuk membantu mengidentifikasi malnutrisi dan membantu mendorong pertumbuhan holistik kepada anak. 

"Saat ini, terdapat sekitar 148 juta balita di seluruh dunia yang mengidap stunting, dan 6.3 juta di antaranya berada di Indonesia, " kata Head of Medical Affairs, Abbott Nutrition di Indonesia Dr. Prawira Winata dalam keterangannya, Jumat (23/8). 

BACA JUGA: Kemendikbudristek Beberkan Capaian Pendidikan Vokasi Dalam Empat Tahun Terakhir

 Inisiatif dengan Kemendikbudristek

 ini, lanjutnya, akan membantu menyediakan sarana dan dukungan kepada para orang tua untuk mengidentifikasi malnutrisi sejak dini, menangani dan mencegahnya. 

BACA JUGA: Forum CSR Dukung Program Kosabangsa yang Diinisiasi Kemendikbudristek

Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek Komalasari menegaskan mengurangi dan mencegah stunting pada anak merupakan prioritas utama di Indonesia. Di samping itu, adanya kebutuhan untuk mengedukasi orang tua dan guru dalam mendukung pertumbuhan anak. 

"Kolaborasi antara Abbott dan Kemendikbudristek akan makin memperkuat upaya kami di negara ini dalam mengatasi stunting, " ucapnya. 

Inisiatif Abbott's Growth Watch mendorong dilakukannya pemeriksaan tinggi badan anak secara rutin dan pemberian nutrisi yang tepat untuk menjaga pertumbuhan, kesehatan, dan perkembangan anak-anak di negara ini.

Inisiatif ini menyediakan alat dan sumber daya, termasuk Growth Pedia Calculator, sebuah alat daring untuk mengukur, melacak, dan memantau pertumbuhan anak dengan mudah. Alat ini juga memberikan informasi nutrisi untuk mendukung pertumbuhan yang sehat. 

"Lewat Growth Watch, Abbott bertujuan untuk membantu para pengasuh dalam mengidentifikasi masalah pada pertumbuhan anak sejak dini dan mencegahnya dengan nutrisi yang baik, " pungkas Dr. Prawira Winata. (esy/jpnn) 


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler