Kemenhub Berkomitmen Melaksanakan Lima Agenda Prioritas, Apa Saja?

Rabu, 23 Februari 2022 – 23:31 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Kerja Sektor Transportasi Nasional 2022. Foto: Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Dalam pelaksanaan program kerja 2022, Kemenhub telah menyusun secara terperinci Renstra Kementerian Perhubungan 2020-2024 yang merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Ada tiga key performance indikator (KPI) utama dalam pelaksanaan tugas Kemenhub.

BACA JUGA: Menhub Memaparkan Upaya Percepatan Pemulihan Sektor Transportasi, Silakan Disimak

Yaitu, peningkatan konektivitas nasional, peningkatan layanan transportasi, dan peningkatan keselamatan transportasi.

Kemenhub berkomitmen melaksanakan lima agenda prioritas.

BACA JUGA: Kemenhub Sukses Batasi Mobilitas saat Libur Nataru 2021-2022

Yaitu, pengembangan konektivitas dan aksesibilitas dalam mendukung sepuluh Destinasi Pariwisata Prioritas; Logistik; Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (3TP); Ibu Kota Negara (IKN); serta pemenuhan kebutuhan SDM Transportasi yang link and match dengan industri.

Data BPS menunjukkan pada triwulan III-2020 sektor transportasi dan pergudangan terkontraksi sebesar -16,7 persen (y-on-y).

BACA JUGA: Menhub Ungkap Desain Sistem Transportasi IKN: Aetropolis sampai Kapal Autonomus

Namun, upaya perbaikan yang telah dilakukan pada triwulan IV 2021, sektor transportasi dan pergudangan telah tumbuh signifikan mencapai 7,93 persen (y-on-y).

Berdasarkan asumsi ekonomi makro yang disusun Bappenas, pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan tumbuh mencapai 5,2-5,5 persen pada 2022 dan 5,3-5,9 persen pada 2023.

Kegiatan rapat kerja yang diselenggarakan Kemenhub hari ini juga sekaligus menandai dimulainya rangkaian kegiatan Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Kementerian Perhubungan 2023.

Arah kebijakan Kemenhub pada 2023 merujuk pada Rencana Kerja Pemerintah 2023 yang bertema Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. 

Sejumlah upaya yang dilakukan adalah mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui percepatan pembangunan infrastruktur dasar, peningkatan kualitas SDM, pembangunan rendah karbon dan transisi energi, serta pembangunan Ibu Kota Negara.

Pada kegiatan raker ini, diumumkan pemenang penghargaan terhadap Satuan Kerja Terbaik di Lingkungan Kementerian Perhubungan atas Kinerja di Bidang Keuangan 2021.

UPT terbaik dengan kategori pagu di atas Rp 100 miliar diraih juara pertama Unit Penyelenggara Bandar Udara Rokot dengan total skor 97,32, juara kedua Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IX Jawa Barat dengan total skor 97,06, dan juara ketiga Politeknik Pelayaran Surabaya dengan total skor 95,64.

UPT terbaik dengan kategori pagu Rp 100 Miliar diraih juara pertama Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara dengan total skor sebesar 98,28, juara kedua Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XX Sulawesi Tengah dengan total skor 94,77, juara Ketiga Unit Penyelenggara Pelabuhan Saumlaki dengan total skor 91,75.

Sementara itu, penghargaan kepada UPT kategori Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik 2021 diraih juara pertama Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara, Juara Kedua Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Juara Ketiga Direktorat Prasarana Perkeretaapian. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler