Kemenhub Diminta Perketat Pengawasan Pelabuhan

Rabu, 04 Juli 2018 – 12:11 WIB
Proses evakuasi korban KM Sinar Bangun di Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6). (Ist/jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memperketat pengawasan di pelabuhan-pelabuhan.

Hal ini merupakan respons atas kecelakaan kapal yang marak terjadi belakangan ini.

BACA JUGA: Gunakan Narkoba, Oknum Pegawai Kemenhub Dibekuk di Hotel

Terakhir kecelakaan KM Lestari Maju di Selat Selayar, Sulawesi Selatan, setelah sebelumnya terjadi peristiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun, di Danau Toba, Sumatera Utara.

"Ya kami mendorong pada Kemenhub harus lebih ketat lagi dalam pengawasan di pelabuhan-pelabuhan. Saya lihat ini adalah keteledoran dari hal pengawasan dari mulai manifest, kelebihan beban, lalu kemudian kelayakan kapal itu banyak," katanya, Rabu (4/7).

BACA JUGA: Tahun ini Jumlah Pemudik Kendaraan Pribadi Menurun

Karena itu, Bamsoet juga mendorong penegak hukum agar masuk ke wilayah tersebut memberikan sanksi dan hukuman yang seberat-beratnya pada pengelola pelabuhan.

Lebih lanjut Bamsoet mendorong Komisi V DPR memanggil mitra atau menteri terkait untuk memberikan penjelasan dan melakukan evaluasi menyeluruh pada pelabuhan-pelabuhan yang ada.

BACA JUGA: Keamanan Kapal & Fasilitas Pelabuhan Nasional Normal

"Terutama pelabuhan terpencil atau agak kecil," tegasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menhub Pastikan Asuransi untuk Korban KM Sinar Bangun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler