Kemenhub Kerja Sama Optimalkan Pelabuhan Waingapu

Selasa, 12 September 2017 – 04:38 WIB
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, WAINGAPU - Kementerian Perhubungan akan melakukan kerja sama pengoperasian Pelabuhan Waingapu dengan PT Pelindo III.

Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada sejumlah sektor transportasi.

BACA JUGA: Kemenhub Pertimbangkan Tol Laut Singgah di Pelabuhan Bima

"APBN itu semakin ketat, kami ingin anggaran APBN ini juga diperuntukan daerah-daerah terluar, terdepan dan daerah-daerah yang strategis. Pelabuhan Waingapu kami kerja samakan kepada swasta dalam hal ini PT Pelindo III. Kami akan kontrak pemanfaatan selama 30 tahun," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Waingapu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Untuk itu Menhub meminta nantinya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Waingapu bertindak sebagai regulator dan memastikan faktor-faktor keselamatan pada sektor laut di Waingapu.

BACA JUGA: Menhub: Tol Laut Menggairahkan Ekonomi Warga

Budi juga meminta kepada Pelindo III untuk meningkatkan kemampuan Pelabuhan Waingapu. Tidak hanya mengembangkan pelabuhan, tapi fasilitas di Pelabuhan Waingapu juga diminta untuk lebih ditingkatkan.

Sehingga nantinya bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien untuk kegiatan bongkar muat barang.

BACA JUGA: Putusan MA Soal Permen Transportasi Online Mengacu UU Lalin

Mantan dirut AP II ini berharap dengan dikerjasamakan dengan PT Pelindo III ini nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kabupaten Sumba Timur.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menhub: Ini Punya Kemenhub atau KAI?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler