Kemenhub Perketat Jam Terbang Pilot

Sabtu, 03 Agustus 2013 – 08:02 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperketat jam terbang pilot selama bulan puasa. Pilot yang sedang menjalankan ibadah puasa hanya diperbolehkan terbang pada pagi. Kebijakan itu diputuskan demi keamanan dan keselamatan penumpang.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Djoko Murdjatmojo mengatakan, berdasar penelitian, kadar glukosa orang yang sedang berpuasa akan berkurang sehingga mengakibatkan menurunnya daya konsentrasi. Karena itu, pemerintah mengeluarkan surat edaran yang intinya melarang pilot terbang sore. "Aturan ini diberlakukan sejak tahun lalu," ujarnya, Jumat (2/8).

BACA JUGA: Konsumsi Melemah, Ekonomi Tumbuh Di Bawah 6 Persen

Djoko juga mengingatkan jam terbang pilot tidak lebih dari sembilan jam sehari. Jika ada maskapai dan pilot yang melanggar jam terbang, keduanya bakal dikenai sanksi. "Pemerintah melalui inspektur di lapangan akan mengecek log book maskapai untuk memeriksa jam terbang setiap pilot. Kalau ada yang melebihi jam terbang, pasti ketahuan," ungkapnya.

Pilot tidak mungkin memalsukan dengan menurunkan jumlah jam terbang. "Pilot bakal dikandangkan (grounded) atau dilarang terbang dan maskapai kena sanksi," sebutnya.

BACA JUGA: Menkeu Optimis Inflasi Kembali Normal September

Jika pilot yang bersangkutan masih membandel, lisensinya bisa dicabut. Sementara itu, bagi maskapai yang membandel, bisa dibekukan izin AOC (aircraft operator certificate)-nya. (wir/c6/oki)

BACA JUGA: Dahlan Iskan Minta AP II-Garuda Menahan Diri

BACA ARTIKEL LAINNYA... BNI Siapkan 6 Ribu Kursi Mudik Gratis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler