Kemenhut Segera Canangkan Tahun Badak

Kamis, 29 Desember 2011 – 19:39 WIB

JAKARTA - Populasi Badak Jawa yang menghuni wilayah Taman Nasional Ujung Kulon dikabarkan semakin menurunJika pada tahun-tahun sebelumnya jumlahnya mencapai 50 ekor, kini hanya tinggal 35 ekor saja yang terdiri dari 22 jantan dan 13 betina.

Yanto Santoso dari Tim Monitoring Badak Jawa menyatakan, dengan jumlah yang semakin sedikit maka Badak Jawa diklasifikasikan sebagai satwa sangat terancam punah

BACA JUGA: Populasi Badak Jawa Tinggal 35 Ekor

"Ancaman kepunahan ini diantaranya disebabkan oleh faktor makanan yang semakin terbatas, penyakit, perambahan hutan serta bencana alam," katanya di Kantor Kementerian Kehutanan, Jakarta, Kamis (29/12).

Salah satu upaya untuk mengetahui perkembangan dan jumlah populasi Badak Jawa adalah dengan penggunaan  Video Trap
"Digunakannya metode ini karena perjumpaan dengan Badak tidak mudah

BACA JUGA: Nunun Tak Punya Kepentingan Menangkan Miranda

Pada tahun-tahun lalu digunakan metode rekam jejak
Dan hasilnya pun sangat minim," tambah Yanto.

Selama kurun waktu Februari hingga November tahun ini, Tim Monitoring telah memasang 44 unit video trap yang disebar di Semenanjung Ujung Kulon

BACA JUGA: TGPF Segera Turun ke Mesuji Lagi

Sasarannya adalah seluruh Badak Jawa yang masih tersisa"Dan kita berhasil memperoleh 427 klip video film Badak Jawa di habitat alaminya," kata Yanto.

Di tempat yang sama, Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Agus Priambudi mengatakan bahwa pengelolaan konservasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan populasi Badak Jawa"Baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya serta habitatnya juga," kata Agus.

Sementara itu, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, mengaku optimis bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan populasi Badak Jawa akan berhasil"Tim Monitoring inikan terdiri dari para ahliJadi saya optimis akan berhasil dan populasi Badak Jawa akan bertambah," tegas Zulkifli.

Dalam upaya pelestarian Badak Jawa, rencananya tahun 2012 mendatang akan dicanangkan sebagai Tahun Badak Internasional"Ini sedang kita usulkan kepada presidenOleh karena itu, kita perlu dukungan semua pihak," pungkas Zulkifli(fad/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pencuri Sendal Diancam 5 Tahun, Marzuki Alie Sedih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler