KemenPAN-RB Dapat Nilai Rendah, Bu Rini Langsung Action

Jumat, 18 Februari 2022 – 21:30 WIB
Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Rini Widyantini. Foto dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Rini Widyantini mengungkapkan hasil survei persepsi masyarakat.

Survei pada September 2021 itu untuk menilai kinerja KemenPAN-RB. Responden survei terdiri dari ASN, wartawan, dan masyarakat umum.

BACA JUGA: KemenPAN-RB Siapkan Sistem Kerja Baru Berbasis Fungsional, PNS & PPPK Siap-Siap Saja

Hasil dari survei ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan feeling thermometer KemenPAN-RB adalah 8,42 (sangat baik) yang mana ASN dan masyarakat umum memberikan penilaian di atas 8,0, sedangkan wartawan sebesar 6,8.

Rini menjelaskan, kelompok responden ASN dan masyarakat umum memberikan apresiasi yang tinggi karena dinilai telah menyediakan wadah aspirasi yang memadai bagi ASN dan masyarakat untuk mengetahui lebih jauh tentang KemenPAN-RB.

BACA JUGA: KemenPAN-RB: Pejabat Pimpinan Tinggi Madya & Pratama Wajib Teken Perjanjian Kinerja

"Responden dari kalangan wartawan menilai lebih rendah karena kurangnya pemenuhan kebutuhan media pada aspek ketersediaan informasi dan keterbukaan akses, khususnya selama masa pandemi," terang Rini Widyantini, Jumat (18/2).

Atas dasar survei tersebut, lanjutnya, KemenPAN-RB mengevaluasi diri dan akan terus memperbaiki komunikasi publik.

BACA JUGA: Honorer Usia di Atas 35 Tahun Diangkat jadi PNS? Ini Penjelasan Terbaru KemenPAN-RB

Salah satunya meningkatkan strategi komunikasi kepada masyarakat dan mitra media.

Lebih dari itu, hubungan yang terjalin dengan stakeholder bisa berjalan baik sehingga engagement yang terbentuk akan kuat. 

"Pada akhirnya, citra dan kepercayaan terhadap KemenPAN-RB akan meningkat,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, berkomunikasi di masa pandemi membutuhkan strategi dan kiat tersendiri karena tantangannya makin besar.

Tantangan ini perlu dipahami oleh humas pemerintah untuk menyusun strategi komunikasi publik yang tepat.

“Begitu banyak hal yang perlu disampaikan oleh pemerintah membuat para humas di kementerian/lembaga harus selalu kreatif sehingga pesan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” ujar Rini Widyantini.

Humas pemerintah dituntut untuk lebih kreatif, bekerja cepat, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman. Selain itu, mereka juga harus dapat berkolaborasi dengan berbagai stakeholder. (esy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler