Kemensos Bantu Korban Terdampak Gempa NTT, Risma Pastikan Logistik Tersalurkan

Rabu, 15 Desember 2021 – 11:32 WIB
Mensos Tri Rismaharini langsung menginstruksi petugas untuk membongkar tumpukan bantuan dan memindahkan barang ke bak truk agar segera dikirimkan kepada korban terdampak gempa NTT. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, BEKASI - Kementerian Sosial (Kemensos) bergerak cepat untuk menangani gempa di Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan magnitudo 7,4 yang mengguncang barat laut Larantuka pada Selasa (14/12).

Setelah gempa, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengecek gudang bantuan Kemensos di Bekasi.

BACA JUGA: Kemensos Salurkan Makanan Siap Saji untuk Penyintas Erupsi Gunung Semeru

Risma langsung menginstruksi petugas lapangan untuk membongkar tumpukan bantuan dan memindahkan barang ke bak truk.

Bantuan itu dikirimkan ke Kabupaten Flores dan Sikka, NTT, Sulawesi Selatan, serta Kendari, Sulawesi Tenggara.

BACA JUGA: Kemensos Dampingi Penyandang Disabilitas Korban Kekerasan Seksual di Sanggau

Mensos Risma berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memastikan bantuan segera dikirim melalui tol laut.

"Bagaimana makanan bisa cepat diterima warga. Saya menelepon Pak Menhub untuk menjajaki kemungkinan pengiriman barang melalui tol laut," kata Risma pada Selasa (14/12).

BACA JUGA: Tiga Balai Kemensos Tangani Anak Disabilitas Korban Kekerasan di Sukabumi

Untuk memastikan barang cepat dikirim, Risma menghubungi beberapa kepala balai Kemensos yang bisa menjangkau lokasi bencana.

Di antaranya, Kepala Balai Effata Kupang Wahyu Dewanto, Kepala Loka Minaula Kendari Syamsuddin, Kepala Balai Toddopuli Makassar Christina Junus, dan Kepala Balai Paramitha Mataram Ketut Supena.

Risma meminta kepada mereka untuk menyiapkan langkah penanganan bencana.

Di antaranya, menyiapkan gudang untuk menampung bantuan yang akan tiba.

Mereka diminta untuk membagikan bantuan setiba di lokasi bencana.

"Jangan sampai mereka turun karena sangat berbahaya," kata Risma.

Ada bantuan berupa makanan siap saji, makanan anak, tenda keluarga, tenda besar, kelengkapan anak, selimut, dan peralatan dapur.

Makanan anak, makanan siap saji, dan perlengkapan anak dikirim masing-masing 10 ribu pak.

Sementara itu, ada 1.000 tenda dan 2.000 selimut.

Bantuan dari Kemensos juga dikirimkan dari Gudang Bufferstock Regional Makassar ke Kendari berupa 900 paket makanan anak, 1.000 matras, 600 Selimut, 600 paket family kit, dan 800 paket tenda gulung merah.

Bantuan juga dikirim ke Sulawesi Selatan berupa 900 paket makanan anak, 500 matras, 500 selimut, 500 paket family kit, dan 500 paket tenda gulung merah.

Dari Gudang Balai Rehsos Magelang, bantuan dikirim menuju Kabupaten Sikka.

Yakni, 180 paket makanan anak, 30 paket family kit, 30 paket kids ware, 50 kasur, 50 matras, 30 paket foodware, dan 30 paket peralatan dapur keluarga.

Dari Gudang Balai Rehsos Solo, bantuan dikirimkan ke Kabupaten Flores Timur berupa 180 paket makanan anak, 50 paket family kit, 30 paket kids ware, 25 kasur, 50 matras 50, dan 50 paket peralatan dapur.

"Bantuan makanan itu diberikan di awal. Nanti, segera dibangun dapur umum. Jadi, kebutuhan masyarakat bisa dicukupi melalui dapur umum," kata Risma.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami di wilayah Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara menyusul gempa magnitudo 7,4. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler