Kemensos Gandeng Kitabisa Salurkan Donasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Kamis, 10 Maret 2022 – 15:18 WIB
Mensos Tri Rismaharini dan Kitabisa memberikan donasi kepada anak berkebutuhan khusus di dua rumah singgah di Jakarta. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) terus memberikan bantuan untuk mengangkat ekonomi masyarakat dan meringankan beban warga berkebutuhan khusus.

Terutama bagi anak berkebutuhan khusus yang perlu diperhatikan untuk kelangsungan hidup mereka.

BACA JUGA: Selamat, Kemensos Mendapat Penghargaan Ini dari Menteri PAN-RB

Kali ini, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama CEO Kitabisa.com Alfatih Timur memberikan bantuan kepada anak-anak berkebutuhan khusus di Rumah Singgah Bunda Peduli, Jakpus, dan Rumah Singgah Respek Peduli, Jakut, Rabu (9/3).

"Pertama, saya ucapkan terima kasih. Saya dapat info (warga yang membutuhkan bantuan) dari teman-teman media maupun warga yang mengunggah di media sosial. Terima kasih kepada orang-orang baik yang membantu melalui Kitabisa,'' kata Mensos Risma.

BACA JUGA: Kemensos dan DPR Minta Penyaluran Bansos Dipercepat di Berbagai Daerah

Bantuan hasil donasi masyarakat melalui Kitabisa.com diberikan kepada satu anak di Rumah Singgah Bunda Peduli dan tujuh anak di Rumah Singgah Respek Peduli.

Donasi yang terkumpul per 9 Maret 2022 diberikan Rp 67.215.848 untuk Muhammad Jafarudin (penderita kanker tulang), Rp 70.952.922 untuk Aulia Alfina Febriyanti (penderita gagal ginjal), dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Kemensos dan DPR Tinjau Pencairan Bansos di Tiga Daerah Ini

Anak-anak berkebutuhan khusus yang berasal dari berbagai daerah tersebut mengalami kondisi kesehatan tertentu sehingga mengharuskan mereka melakukan pengobatan di Jakarta dan membutuhkan tempat untuk singgah.

Mensos mengatakan, banyak orang sakit yang dirujuk ke Jakarta karena ketersediaan fasilitas dan tenaga medis paling lengkap berada di Jakarta.

"Meskipun ada donasi, mereka masih membutuhkan biaya operasional untuk pulang pergi bolak-balik berobat. Sehingga alhamdulillah rumah singgah ini bisa menampung," kata Mensos.

Selain itu, Kemensos memberikan bantuan kepada anak-anak lain di kedua rumah singgah tersebut berupa keperluan anak.

Misalnya, popok, kebutuhan gizi anak, susu, dan mainan.

Sebelumnya, Kemensos melalui Loka Kahuripan Sukabumi dan Balai Galih Pakuan Bogor memberikan pendampingan kepada tujuh anak berkebutuhan khusus.

Mulai asesmen, pendampingan, dan identifikasi kebutuhan pokok serta bekerja sama dengan Kitabisa.com untuk menggalang donasi masyarakat.

Dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial, pemerintah membutuhkan partisipasi berbagai pihak, termasuk masyarakat.

Kerja sama Kemensos dengan Kitabisa.com, salah satunya, menggalang kepedulian sosial masyarakat untuk membantu mereka yang membutuhkan.

CEO Kitabisa Alfatih Timur mengatakan, donasi yang digalang melalui Kitabisa disalurkan secara bertahap dan dikawal dalam beberapa bulan ke depan.

"Iya, karena penyalurannya (donasi) akan dibuat beberapa bulan. Jadi, kami bisa pantau perkembangannya dan melapor ke Kemensos," katanya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler