Kementan Bakal Hadirkan Lebih Banyak Benih Unggul dan Berkualitas

Minggu, 27 November 2022 – 09:49 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong jajaran Litbang Pertanian yang sudah bertransformasi menjadi Badan Standarisasi Instrumen. Foto: dok Kementan

jpnn.com, LOMBOK - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong jajaran Litbang Pertanian yang sudah bertransformasi menjadi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian  untuk menghadirkan lebih banyak lagi benih unggul dan berkualitas. 

Langkah itu dilakukan untuk mendukung peningkatan produktivitas.

BACA JUGA: Kementan Tahun Ini Tetap Konsisten Lakukan Uji Emisi Gas Rumah Kaca di Lahan Sawah

Hal tersebut disampaikan Mentan SYL saat membuka rapat koordinasi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) di kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami memerlukan kolaborasi, kekompakan, dan kerja lebih dari biasanya. Kami harus optimistis dibalik semua krisis pasti ada peluang dan jawaban," ujar dia, Sabtu (26/11).

BACA JUGA: Peringati Hari Pahlawan, Mentan SYL: Pertanian Indonesia Sungguh Hebat

Selain benih unggul, Mentan SYL berharap jajaran Litbang mampu memitigasi dan mengantisipasi kemungkinan adanya faktor penurunan produksi. 

Menurut dia, mitigasi perlu dilakukan mengingat pertanian merupakan sektor dasar bagi kehidupan manusia.

BACA JUGA: DPR Apresiasi Kementan Terkait Target Peningkatan Produksi 2023

"Ini semua perlu idealisme, perlu persaudaraan yang baik di antara kami. Memang tidak mudah, karena itu harus kerja maksimal, kompak, dan kolaboratif," katanya.

Ke depan, kata SYL, BSIP harus mampu melahirkan lebih banyak lagi varietas unggul berkualitas, sehingga Indonesia memiliki kesempatan besar untuk meningkatkan nilai ekspor. 

Bahkan, lebih dari itu, masyarakat juga bisa melakukan penanaman secara masif di area pekarangan rumah masing-masing.

"Saya harap satu tahun ke depan kami bisa memperkuat berbagai aspek. Termasuk kebutuhan industri dan ekspor," katanya.

Kepala BSIP Kementan, Fadjri Jufri menyampaikan terima kasih atas arahan Mentan SYL terhadap kemajuan litbang pertanian Indonesia sehingga selama ini mampu menjadi corong lahirnya benih unggul dan berkualitas.

"Jadi, tugas yang akan kita siapkan adalah menyiapkan benih unggul dan memiliki banyak manfaat. Kemudian kami juga akan menjamin benih yang ada di seluruh indonesia agar memenuhi standar," jelasnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mentan SYL Ajak Mahasiswa Unlam Perkuat Pertanian Indonesia


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler