Kementan dan Pemprov Sumsel Bahas Penguatan Peran BPP

Rabu, 10 Maret 2021 – 09:50 WIB
Kementan dan Pemprov Sumsel Bahas Penguatan Peran BPP. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian menyatakan salah satu program strategis yang sedang dijalankan adalah penguatan kelembagaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi melakukan koordinasi terkait penguatan BPP dengan Gubernur Sumatera Selatan di Kantor gubernur (9/3/2021).

BACA JUGA: Top, BBP Mektan Serpong Juara I Keterbukaan Informasi Publik

Dia menjelaskan, program ini merupakan gerakan pembaharuan pembangunan pertanian kecamatan, melalui optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

"Sehingga mampu mewujudkan keberhasilan pembangunan pertanian," ungkap dia dalam keterangan resmi yang diterima, di Jakarta, Rabu (10/3).

BACA JUGA: Jurus Kementan-Pemprov Sumsel Majukan Pertanian lewat Kostratani

Menurut dia, sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, BPP perlu dioptimalkan peran dan fungsinya dalam menggerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan.

Tidak hanya itu, Dedi menambahkan, pemerintah daerah juga berperan dalam penguatan BPP ini.

BACA JUGA: BPPSDMP Kementan: Kunci Keberhasilan Pertanian Ada di SDM yang Berkualitas

"Penguatan BPP dilakukan dengan penguatan sarana IT, untuk Provinsi Sumatera Selatan telah didistribusikan 117 alat bantuan IT ke BPP di Kecamatan dan akan ditingkatkan ke seluruh BPP," tambah Dedi.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyambut baik kehadiran kepala BPPSDMP dan menyatakan dukungannya terhadap program penguatan BPP.

"Perlu adanya forum diskusi agar tujuan kostratani tercapai dengan baik karena tidak setiap provinsi memiliki kebutuhan yang sama," kata dia.

Herman juga meminta bantuan kepala Badan untuk kembangkan penangkaran benih di Sumatera Selatan minimal untuk memenuhi kebutuhan daerah.

"Alat, bahan, lahan kami punya tapi mohon dibantu untuk SDM-nya, dan juga jika bisa benih bersertifikat kemudian terdaftar di e-catalog," ujar dia.

Dia pun setuju untuk mengembangkan SDM pertanian beriringan dengan teknologi pertanian.

“Saya akan dukung program pembangunan pertanian, bisa dibilang saya gubernur yang paling siap dan paling mendukung, karena hampir semua penghargaan yang saya terima berkaitan dengan pertanian" tutur mantan bupati OKU Timur dua periode ini.

Turut hadir pada kegiatan koordinasi ini Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang, Kepala BPTP Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Pusat Penyuluhan Kementan, serta Kepala SMKPP Negeri Sembawa. (*/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler