Kementan Dorong Regenerasi Petani di Kalimantan Selatan

Rabu, 16 Agustus 2023 – 22:43 WIB
PPIU Kalsel bersama para penerima manfaat program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada selasa (15/8). Foto: Kementan

jpnn.com, TANAH BUMBU - Kementerian Pertanian berkomitmen untuk terus memfasilitasi generasi milenial terjun menjadi petani dan berwirausaha pertanian.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang meminta generasi muda dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

BACA JUGA: Mentan SYL Dorong Kalsel sebagai Penopang Pangan Nasional Antisipasi Dampak El Nino

Mentan optimistis kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Hal tersebut harus didukung oleh kapasitas SDM Pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing,” ujar Mentan Syahrul.

BACA JUGA: Peran Kementan Menjaga Ketahanan Pangan-Regenerasi Petani di Kalsel

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengungkapkan harapannya melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi SDM dari pedesaan, meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.

"Sekali lagi, pembangunan pertanian kita ke depan ada di genggaman kalian. Milenial harus berkemampuan dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi, maka pertanian ada di genggaman tangan kita." kata Dedi.

BACA JUGA: Teman Indekos Pembunuh Mahasiswa UI Ungkap Fakta Menggegerkan

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementan, Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru sebagai Project Manager Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Kalimantan Selatan (Kalsel), memastikan program YESS di Kalimantan Selatan berjalan dengan baik dan lancar, salah satunya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk itu, PPIU Kalsel bersama para penerima manfaat program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada selasa (15/8).

Bertempat di aula Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, kegiatan ini dihadiri oleh Project Manager Program YESS Kalsel, Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, tim swakelola (District Implementation Team) DIT Kab. Tanah Bumbu, dan penerima manfaat (PM) program YESS .

Project Manager program YESS Kalsel Angga menerangkan bahwa penandatanganan perjanjian kerja sama ini adalah bentuk komitmen antara PPIU Kalsel bersama dengan penerima manfaat Program YESS yang ada di Kab. Tanah Bumbu selama program YESS berlangsung.

"Untuk Kabupaten Tanah Bumbu, total ada 31 orang penerima manfaat program YESS, yang mereka dapatkan setelah melalui proses pengajuan proposal bisnis dan tahap verifikasi yang meliputi verifikasi proposal dan verifikasi lapangan." jelas Angga.

"Harapannya para penerima manfaat dapat berkembang pesat sehingga dapat menjadi influencer bagi pemuda Tanah Bumbu agar tergerak untuk terjun ke Pertanian," tambahnya.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu Agus mengharapkan para penerima manfaat dapat meningkatkan skala usahanya dan meningkatkan taraf perekonomian.

"Kami dari Dinas mengharapkan para penerima manfaat dapat meningkatkan taraf perekonomian dan skala usahanya’’ kata Agus.

“Tidak kalah penting, buktikan bahwa pemuda Tanah Bumbu mampu berhasil dan berkembang dengan memberdayakan dana ini," katanya. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lelaki Ini Tak Bisa Menahan Nafsu Melihat Wanita Bule Berpakaian Seksi


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler