Kementan Gelar Aksi Cabai Murah Harga Petani, Dijamin Lebih Terjangkau, Yuk Buruan!

Rabu, 24 Juli 2024 – 10:49 WIB
Kementerian Pertanian menggelar Aksi Cabai Murah Harga Petani di halaman belakang kantor Direktorat Jenderal Hortikultura Pasar Minggu, Jakarta Selatan mulai 22 Juli hingga 16 Agustus 2024. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar Aksi Cabai Murah Harga Petani.

Komoditas yang dijual pada kegiatan ini difokuskan pada cabai merah keriting dan cabai rawit merah.

BACA JUGA: Aduh, Harga Cabai Rawit Merah di Solo Makin Pedas

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat pekan mulai 22 Juli hingga 16 Agustus 2024 di halaman belakang kantor Direktorat Jenderal Hortikultura Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Andi Muhammad Idil Fitri menyampaikan Aksi Cabai Murah ini dilaksanakan dengan menggandeng petani binaan yang dikenal sebagai Champion Cabai.

BACA JUGA: Sumedang jadi Percontohan Pengembangan Program HDDAP, Siapkan Kembangkan Cabai

Petani Champion adalah mereka yang mendapatkan fasilitasi APBN dan menyisihkan sebagian hasil panen untuk menjaga pasokan, terutama di daerah Jakarta.

"Tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas harga cabai di pasaran dan memastikan masyarakat bisa mengakses produk cabai berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau," ujar Idil dalam keterangannya, Rabu (24/7).

Selain keuntungan bagi masyarakat, kerja sama Kementan dan para petani Champion juga bisa membantu mereka dengan akses pasar yang lebih luas.

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Kementan Gelar Aksi Promosi Cabai Harga Petani, Catat Waktunya!

Dalam kegiatan aksi ini, Kementan pun menetapkan harga jual yang lebih stabil dan adil bagi petani.

Dengan memotong rantai pasok yang panjang, margin keuntungan juga lebih besar.

Dalam kegiatan ini, cabai keriting merah dan cabai rawit merah dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Cabai keriting merah dibanderol Rp 15 ribu per 500 gram, dan cabai rawit merah dijual seharga Rp 15 ribu per 250 gram.

Setiap harinya, sekitar 400 kilogram cabai dikirim dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tidak hanya di halaman kantor Ditjen Hortikultura, Aksi Cabai Murah ini juga digelar di daerah asal Champion serta bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional untuk distribusi di beberapa kelurahan di Jakarta.

Seorang warga sekitar yang berbelanja di Aksi Cabai Murah bernama Maryati mengungkapkan rasa puasnya.

"Beli di sini lebih murah. Sangat senang, sangat terbantu sekali. Biasa beli Rp 5 ribu dapat sedikit, di sini Rp 15 ribu bisa dapat satu kantong, alhamdulillah," kata Maryati dengan senyum lebar.

Aksi ini tidak hanya membantu menstabilkan harga cabai di pasaran, tetapi juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan cabai berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Dengan menggandeng para Petani Champion, Kementan berharap dapat terus menjaga ketersediaan dan stabilitas harga cabai di Indonesia. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler