Kementerian Sosial Dukung Karang Taruna Berdayakan Masyarakat Melalui Wisata Alam

Kamis, 11 Februari 2021 – 10:10 WIB
Karang Taruna Purwakarta aktif melakukan upaya pemberdayaan masyarakat di bidang usaha wisata alam yang menjadi potensi unggulan daerah. Salah satunya di Kampung Madang, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Foto: Kemensos.

jpnn.com, PURWAKARTA - Kementerian Sosial RI mendukung pilar-pilar sosial untuk aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat (Jabar).

BACA JUGA: Bu Risma Hadir Saksikan Perekaman Data Kependudukan Warga Marjinal

"Kementerian Sosial mendukung Karang Taruna memberdayakan masyarakat melalui wisata alam," demikian keterangan resmi dari Bagian Humas Kemensos, Kamis (11/2).

Sebelumnya, Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Purwakarta, Jabar,  Kamal meninjau lokasi wisata alam di Kampung Madang, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Jumat  (5/2).

BACA JUGA: Demi Transparansi Penyaluran Bansos 2021, Kemensos Gandeng Mabes Polri

“Terkait pembangunan dari pemerintah daerah, saya kira sudah baik tinggal ditingkatkan lagi ke depannya,” ujar Kamal.

Karang Taruna Kabupaten Purwakarta, kata Kamal, memiliki tagline, ‘Bakti Raga Taruna Istimewa’ dengan salah satu kegiatannya terkait pemberdayaan yang melibatkan masyarakat disesuikan dengan karakter dan potensi wilayahnya. 

BACA JUGA: Karang Taruna Siap Dukung Pegadaian Sebagai Agen

“Tentu saja, upaya pemberdayaan oleh Karang Taruna disesuaikan dengan karakter  dan potensi wilayah. Salah satunya terkait wisata alam yang cukup menjanjikan," kata Kamal.

Penasihat Karang Taruna Desa Kartamanah M. Arifin menilai bahwa usaha wisata sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, serta dapat meningkatkan harkat dan martabat dari sisi sosial dan aspek lainnya.

“Dari sisi wisata, pada hari ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat usaha wisata alam bisa meningkatkan harkat dan martabat tidak hanya dari sisi ekonomi tetapi sisi sosial lainnya,” ujar Arifin, yang juga pengelola usaha wisata alam di Kampung Madang. 

Ketua Majelis Pertimbangan Karang Tarauna (MPKT) Purwakarta Asep Viktor menyatakan harapan masyarakat terhadap Karang Taruna begitu besar terutama terkait pengelolaan wisata alam.

“Harapan masyarakat  begitu besar terhadap Karang Taruna dinilai wajar, sebab selama ini telah menunjukkan kerja nyata dan Karang Taruna sendiri tumbuh dari anak-anak muda di lingkungan RT dan RW setempat, “ kata ketua Karang Taruna Purwakarta periode 2015-2015 dan 2015-2020  itu.

Asep mengatakan pada pada periode sebelumnya, Karang Taruna telah aktif dalam kegiatan bakti sosial, mencegah peredaran narkoba, kampanye menunda pernikahan usia remaja, bulan bakti Karang Taruna dan lain sebagainya.

“Juga, telah dicanangkan pengelolaan tempat wisata alam yang menjadi salah satu potensi usaha yang bisa dikelola  dengan baik oleh Karang Taruna, sehingga tahun ini bisa menjadi realiasi dari pencanangan tersebut, ” pungkas Asep. (*/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler