Kemnaker Dukung Upaya Perguruan Tinggi Cetak SDM yang Siap Bersaing di Dunia Kerja

Selasa, 27 Agustus 2024 – 14:47 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi (kiri) saat hadir pada acara Wisuda dan Dies Natalis ke-31 Universitas Malahayati Lampung di Bandar Lampung, Selasa (27/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi menyampaikan pihaknya sangat mendukung upaya perguruan tinggi dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, berintegritas, dan siap bersaing di dunia kerja.

“Kemnaker akan tetap terbuka untuk bekerja sama dan berkolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia kerja untuk menjawab tantangan ketenagakerjaan yang semakin kompleks,” kata Sekjen Anwar Sanusi ketika menyampaikan sambutan pada acara Wisuda dan Dies Natalis ke-31 Universitas Malahayati Lampung di Bandar Lampung, Selasa (27/8).

BACA JUGA: Manfaatkan Bonus Demografi, Kemnaker Perluas Peluang Kerja di Luar Negeri

Sekjen Anwar mengungkapkan dunia pendidikan tinggi di Indonesia tengah dihadapkan pada tantangan yang luar biasa.

Selain disrupsi akibat Revolusi Industri 4.0, tantangan lain dalam dunia pendidikan adalah persoalan miss match dengan dunia kerja.

BACA JUGA: Selamat, Kemnaker Raih Anugerah JDIHN Awards Terbaik III dari Kemenkumham

Persoalan mendasar yang sedang dihadapi adalah jumlah tingkat pengangguran terbuka (TPT), di mana untuk jenjang pendidikan diploma dan universitas tercatat sebesar 5,49 persen.

Jika melihat data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2024, angka tersebut lebih tinggi dari tingkat pengangguran secara umum yang berada pada kisaran 4,82 persen.

BACA JUGA: Lewat Forum Ini, Kemnaker Terus Berupaya Mewujudkan PPID yang Sangat Bagus

“Kondisi demikian, tentunya menambah tantangan yang dihadapi. Oleh karenanya, saya meminta perguruan tinggi terus berinovasi mengembangkan kurikulum dan program pendidikan yang sesuai kebutuhan industri,” ungkap Sekjen Anwar.

Masih merujuk data BPS Februari 2024, kata Sekjen Anwar, saat ini, angkatan kerja Indonesia lulusan diploma dan universitas baru sekitar 12,76 persen dari total 149,37 juta orang.

Artinya dengan kata lain, lanjut dia, dari setiap 100 orang angkatan kerja Indonesia, hanya 13 orang yang berpendidikan tinggi.

“Ini artinya, Anda semua merupakan orang-orang yang terpilih, teruslah belajar dan kembangkan jejaring karena di tangan kalianlah masa depan Indonesia berada,” pesannya.

Pada kesempatan ini, Sekjen Anwar Sanusi juga mengucapakan selamat atas pengukuhan Guru Besar Universitas Malahayati Prof Erna Listyaningsih Ph.D.

Menurut Sekjen Anwar, gelar guru besar merupakan suatu penghargaan atas semua dedikasi dan kerja keras yang telah dituangkan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

“Saya percaya, capaian ini tidak hanya menjadi kebanggaan pribadi dan civitas akademica Universitas Malahayati, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi selanjutnya,” ujar Sekjen Anwar. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler