Kemnaker Gelar Tes IVA untuk Pekerja Perempuan di Semarang

Kamis, 10 Februari 2022 – 18:03 WIB
Menaker Ida Fauziyah meninjau pemeriksaan IVA terhadap pekerja perempuan di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (10/2). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, SEMARANG - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meninjau pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA) untuk meningkatkan kesehatan tenaga kerja perempuan dalam mencegah dan mendeteksi kanker sejak dini.

Kegiatan ini digelar untuk memperingati rangkaian Bulan K3 Nasional 2022.

BACA JUGA: TNI AL Berhasil Gagalkan Penyelundupan Manusia, Kemnaker Beri Apresiasi

Pemeriksaan tersebut diselenggarakan di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (10/2).

Selain pemeriksaan IVA, dilakukan pelatihan K3 ditempat kerja serta sosialisasi pencegahan penyakit tuberkulosis di tempat kerja.

BACA JUGA: Kemnaker Usung Empat Isu Prioritas pada Presidensi G20, Nomor 2 untuk Kaum Difabel

Rangkaian pemeriksaan ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni pada 8 hingga 10 Februari 2022 dengan 500 pekerja perempuan yang melakukan pemeriksaan.

Menaker Ida menyampaikan, penyelenggaraan pemeriksaan IVA tes ini adalah wujud nyata program aksi kepedulian terhadap tenaga kerja perempuan.

BACA JUGA: Kemnaker Terapkan Peran Inkubator Bisnis di Sejumlah BLK Komunitas

Kegiatan ini bersinergi dengan Visi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM). Rangkaian kegiatan tersebut dilakukan sejak 2015 hingga 2019. Lebih dari 18 ribu pekerja perempuan telah melakukan pemeriksaan.

“Pemeriksaan kesehatan ini penting untuk mencegah dan mendeteksi secara dini kanker leher rahim pada pekerja perempuan yang merupakan bagian dari keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Karena itu, sosialisasi dan pemeriksaaan secara berkala harus dilakukan,” ungkap Menaker Ida.

Ida berharap peran pengusaha dan kerja sama pemerintah dapat mengurangi risiko kanker serviks pada pekerja perempuan di Indonesia sejak dini.

Dia menjelaskan, dengan dilakukan pemeriksaan IVA ini, pekerja perempuan tetap menjaga kesehatannya dan berdampak pada peningkatan produktivitas kerja.

Menaker Ida juga mengajak para pekerja perempuan yang telah terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan maupun kesehatan. Mereka berhak mendapatkan layanan manfaat pemeriksaan IVA tes ini.

Menurut Ida, pihaknya melalui Ditjen Binwasnaker dan K3 bersama BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi bersama kepada perusahaan dan pekerja yang terdaftar.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemnaker dengan diberikannya kesempatan kepada seluruh karyawan perempuan di perusahaan kami untuk melakukan pemeriksaan IVA,'' ujar David Hidayat, direktur utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler